Ilustrasi penggunaan MacOS Big Sur di perangkat MacBook Pro milik Apple (Foto: nextren.grid.id)

[#MedForiansJournalism] Tutorial Cara Menjalankan MacOS di PC Tanpa Hackintosh

MedForians Journalism 13 Des 2023

Hai, MedForians!

Setelah kemarin kita sudah membahas seputar PC, maka kali ini kita akan memberikan tutorial yang mungkin kalian belum pernah tau sebelumnya, yaitu menggunakan MacOS di PC tanpa emulator.

Mungkin diantara kalian ada yang ingin mencoba sistem operasi besutan Apple, yakni MacOS tapi tidak ingin “ribet” dengan meng-hackintosh atau install melalui boot USB?

Bagi yang belum tau sebelumnya, Hackintosh adalah sistem operasi MacOS yang di-modif agar bisa digunakan di PC desktop standar. Cara install nya pun sedikit “ribet” dan kaku bagi pemula yang mungkin belum pernah men-install MacOS sebelumnya.

Tapi tenang, kini ada alternatif yang mudah dan simpel agar bisa menggunakan MacOS tanpa harus men-install nya, penasaran bagaimana caranya? simak tutorial berikut!

1, Download Simulator yang bernama “PearPC”di
http://www.mediafire.com/file/7vhn1l49405jfcr/MacOSX102PearPC.7z/file

3, Setelah di download, ekstrak file tersebut

4, setelah di ekstrak, lalu “Drag” file ppc4.xml ke ppc4.exe

dan MacOS sudah bisa berjalan dan siap untuk digunakan, seperti tampilan berikut:

Kesimpulan

Nah, simpel bukan? dengan cara seperti ini kalian bisa mencoba menggunakan MacOS tanpa harus men-install nya melalui boot USB (Hackintosh).

Tentunya dengan cara ini juga kalian bisa belajar mengoprasikan MacOS agar suatu saat nanti kalian punya perangkat Mac (MacBook, IMac, MacPro) tidak susah lagi untuk mengoperasikan nya karena sudah dipelajari sebelumnya dari simulator ini.

Itu saja tutorial pertama dari kami, semoga dengan tutorial ini bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin merasakan sensasi menggunakan MacOS di PC tanpa install, tentunya dengan performa dan resource kecil tidak membuat PC / laptop kalian merasa berat.

Itulah sekian tutorial pertama dari kami untuk para MedForians, sampai jumpa di tutorial atau informasi yang lainnya, salam MedForians!

Artikel ini adalah hasil kiriman dari Ali Haydar. Isi konten yang dimuat pada artikel ini adalah tanggung jawab pengirim.

Ingin artikelmu dimuat juga? Kirimkan langsung ke alamat surel [email protected] dengan subjek: #MedForiansJournalism [spasi] Judul artikel

Tag

MedForians

Ayo kirimkan artikelmu ke Media Formasi sekarang juga, dan berkesempatan untuk dimuat di sini!