Ilustrasi Teaser "Bandits of Batavia". (Instagram/@banditsofbatavia)

Kearifan Lokal Rasa Internasional! Beyondtopia Bakal Rilis Komik Terbaru "Bandits of Batavia"

Kreasi 30 Apr 2024

Setelah sukses dengan seri "Beyondtopia Legends", studio komik Beyondtopia tengah memproduksi seri baru yang mulai dijual Juli ini.

Melansir situs resmi Beyondtopia, seri yang berjudul "Bandits of Batavia" ini bergenre action, crime, thriller dan menceritakan tentang sebuah geng penjahat di Batavia yang dapat mengendalikan sihir.

Kekuatan sihir mereka memusnahkan banyak desa dan menelan banyak korban. Salah satu korban yang selamat, Pitung, bertekad untuk membalas dendam atas perbuatan para penjahat tersebut.

Proyek ini pertama kali diperkenalkan kepada publik di pameran konser Selalu Selamanya pada tanggal 10 November 2023.

Penjahat "Bandits of Batavia", dari kiri ke kanan: Rais, Joris, Gomar, Ayesha (Instagram/@banditsofbatavia)

Pada Senin (29/4) lalu, Instagram resmi "Bandits of Batavia" (@banditsofbatavia) bocorkan ilustrasi para karakter penjahat, yaitu Rais, Joris, Gomar, dan Ayesha.

Tentang Beyondtopia, Studio Komik Lokal dengan Ambisi!

Lahir dari Semangat Founder untuk Kembangkan Seni dan Budaya Indonesia

Beyondtopia didirikan oleh Bryan Valenza, pria asal Jakarta yang kini bekerja sebagai color artist (pewarna). Ia telah bekerja di proyek Marvel, DC, Lucasfilm, Archie Comics, Valiant, dan masih banyak lagi.

Melalui wawancara dengan detikcom, Bryan mengatakan bahwa Beyondtopia didirikan agar cerita rakyat Indonesia semakin dikenal di seluruh dunia.

Selain itu, melalui Beyondtopia, Bryan ingin kasih kesempatan bagi seniman Indonesia agar dapat tampil di panggung internasional, dibantu dengan koneksi yang Bryan dan timnya miliki.

Kesuksesan Seri Pertama Beyondtopia, "Beyondtopia Legends"

Beyondtopia telah rilis satu seri, "Beyondtopia Legends", dari akhir 2022 sampai awal 2023.

Sampul "Beyondtopia Legends" volume 1. (Sumber:FairSquare Comics)

"Beyondtopia Legends" menggabungkan tokoh dari berbagai cerita rakyat Indonesia dan dikemas dengan tema cerita yang tidak asing bagi audiens internasional, yaitu wabah zombie.

Seri ini telah dijual habis sebanyak lebih dari 1.400 copy.

Siapa Saja di Balik "Bandits of Batavia"?

Selain sang founder Bryan, penulis asal AS Henry Barajas juga memegang peran penting dalam proyek ini. Henry dikenal dengan karyanya di seri "Gil Thorp", "Creepshow", dan "Helm Greycastle".

Selain itu, Ray Chou, co-founder penerbit Mythworks, menjadi editor seri ini.

Untuk mengikuti perkembangan "Bandits of Batavia", dukung proyek "Bandits of Batavia" di Kickstarter dan cek situs resmi Beyondtopia secara berkala ya!

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.