Erick Thohir Tunjuk Wishnutama Jadi Komisaris Utama Telkomsel

Teknologi 11 Feb 2021

Berita terbaru kembali datang dari dunia teknologi Indonesia. Menteri BUMN Erick Thohir dikabarkan menunjuk Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio sebagai Komisaris Utama Telkomsel.

Sinyal Penunjukkan Sudah Beredar Sebelumnya

Sinyal Wishnutama menjadi komisaris utama di Telkomsel beredar pada akhir bulan lalu. Namun, nama Wishnutama juga sempat disebut-sebut bakal menjadi komisaris utama di Telkom Group.

Hingga kepastian itu kian terang ketika Erick Thohir mengundang makan siang pada Rabu (11/2/2021). Pertemuan itu berlangsung di kantor Erick yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Wishnutama bercerita bahwa dia hanya memenuhi undangan Erick Thohir untuk makan siang bersama. “Kami kan teman sejak lama,” kata Wishnutama seperti dikutip dari Tempo.

Menurut pengakuan Wishnutama, di sela-sela aktivitas makan siang, keduanya mengobrol santai. Dia tidak menerangkan apakah perjumpaan tersebut dilakukan untuk membahas kemungkinannya menjadi Komisaris Utama PT Telekomunikasi Seluler atau Telkomsel.

"Ini bukan hal yang jarang. Sering kok, namanya teman, ngobrol-ngobrol diskusi,” ujar Wishnutama.

Penunjukkan Akan Disahkan Siang Ini

Penunjukan Wishutama tersebut akan segera disahkan pada siang hari ini, Kamis (11/2/2021) melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

"Iya sudah ditetapkan. Siang ini akan disahkan lewat RUPS [rapat umum pemegang saham]," ujar salah satu sumber yang mengetahui proses penunjukan tersebut kepada Bisnis, pagi ini.

Akan Rangkap Jabatan

Posisi Komisaris Telkomsel saat ini ditempati oleh Ririek Ardiansyah. Dia juga merupakan Direktur Utama PT Telkom Indonesia. Adapun lima komisaris Telkomsel lainnya yaitu Sutrisno Saidi, Yose Rizal, Nanang Pamuji, Paul Dominic, dan Yuen Kuan Moon.

Wishnutama bakal rangkap jabatan setelah ditetapkan menjadi komisaris utama Telkomsel. Pasalnya, belum lama ini dia ditetapkan menjadi sebagai Komisaris Tokopedia.

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek