[Review] Anime Belle, Sebuah Mahakarya yang Tak Sempurna

Review 24 Jan 2022

Satu lagi anime baru selain Sword Art Online Progressive telah diputar di bioskop Indonesia. Ya, anime tersebut bernama Belle atau di Jepang disebut sebagai Ryuu to Sobakasu no Hime, salah satu mahakarya teranyar dari Mamoru Hosoda. Anime baru ini sendiri sempat mendapatkan berbagai penghargaan ataupun nominasi di kompetisi film Jepang ataupun internasional, dan sudah diputar di Indonesia sejak 12 Januari lalu.

Untuk memuaskan rasa penasaran, Penulis sempat menyenggangkan waktu demi melihat film Belle di bioskop beberapa waktu lalu, sekaligus mendapatkan merchandise-nya. Meski demikian, apakah Belle memang disebut sebagai mahakarya sempurna yang tak memiliki celah sama sekali? Berikut ulasan singkatnya!

Merchandise film Belle yang bisa didapat di bioskop terdekat

Disclaimer: Artikel ini mengandung spoiler! Harap menonton filmnya terlebih dahulu di bioskop terdekat ya!

Kisah filmnya sendiri dimulai ketika Suzu, gadis desa berusia 17 tahun yang sudah kehilangan ibunya sejak kecil karena sang Ibu berusaha menyelamatkan seorang anak kecil yang nyaris tenggelam. Akibat insiden tersebut, Suzu merasa sangat terpukul dan berusaha mengasingkan diri dari kawan-kawannya ataupun warga sekitar.

Satu hari, ia diajak oleh sahabatnya, Hiro untuk masuk ke dalam dunia virtual dengan total lima miliar warganet dari seluruh dunia bernama “U”. Di dunia virtual, ia bukan lagi menjadi Suzu yang menutup diri, melainkan mengubah image-nya menjadi Belle (nama akunnya adalah Bell), seorang wanita yang tiba-tiba menjadi penyanyi dadakan terkenal di dunia “U” (berkat bantuan promosi dari Hiro sebagai manajernya).

Suatu hari saat Belle sedang mengadakan konser virtual akbar, Belle berjumpa dengan sesosok makhluk misterius yang bentuk kepalanya seperti layaknya naga bernama Beast (di dunia “U” beberapa orang memanggilnya sebagai Ryuu, dan dianggap sebagai sosok paling jahat) yang muncul di tengah-tengah berjalannya konser Belle. Bersama Beast, dirinya memulai kisah penuh petualangan, tantangan, dan cinta, dalam perjalanan untuk mencari jati diri masing-masing yang sebenarnya.

Salah satu keunggulan dari film Belle adalah ceritanya dapat menggugah rasa emosional penonton berkat perkembangan karakter utama Suzu. Selain itu, film ini juga mengajarkan berbagai nilai kehidupan dan kemanusiaan, salah satunya adalah saling membantu satu sama lain, meski nyawa menjadi taruhan. Meski Ibu dari Suzu meninggal, namun pengaruhnya sangat memberikan dampak keseluruhan terhadap Suzu, terutama saat ia berusaha membantu untuk menyelamatkan tokoh di balik Beasts dari masalah di dunia nyata.

Nilai kehidupan lain yang ditampilkan oleh film adalah perlunya menemukan jati diri dan tetap berpegang teguh kepada diri sendiri, serta mengajak penonton untuk introspeksi diri sendiri dan tidak malu untuk berekspresi ataupun berkarya.

Tak hanya itu, masing-masing seiyuu sangat menjiwai peran karakternya masing-masing, sehingga karakter terlihat lebih hidup dan terasa dramanya.

Selain ceritanya yang mengandung berbagai nilai unsur kemanusiaan, salah satu keunggulan lainnya adalah visual dan grafisnya yang sangat indah dan halus, sehingga memanjakan mata. Tak hanya itu, grafis dunia virtual U sendiri terlihat modern, dan mengingatkan dengan salah satu film anime terkenal Summer Wars. Meski terlihat sangat mirip, namun keunggulan lainnya dari Belle adalah background-nya yang sangat memperhatikan detail, 3DCG yang dinamis, terlihat lebih berwarna dan variatif.

Selain grafis, musik-musik yang mendukung jalannya cerita sangat memanjakan telinga dan enak didengar. Pembuka filmnya sendiri dibuka oleh lagu millenium parade - U yang sempat menjadi trending di seluruh dunia karena hadir dalam berbagai bahasa.

Selain U yang menjadi lagu pembuka sekaligus merasakan kemeriahan dunia virtual U, lagu lain seperti Gales of Song, Lend Me Your Voice, dan A Million Miles Away mendukung setiap bagian aspek cerita, sehingga semakin hidup. Lagu-lagu ini juga bisa kalian masukkan ke dalam playlist loh, sehingga membuat kalian merasa terhibur!

Meski film anime Belle memiliki kelebihan yang membuatnya nyaris sempurna, namun ada beberapa kekurangan yang justru membuat penonton bingung (tak terkecuali penulis). Yang pertama adalah munculnya berbagai plot hole di dalam cerita yang sebenarnya bisa membuatnya lebih baik, terutama terkait Belle dan Beasts. Selain itu, keterbatasan waktu pemutaran film justru membuat hubungan antara Suzu dan cowok yang ia suka, Hisotaka Shinobu tidak terhubung dengan baik, dan hanya menjadikannya sebagai sosok teman masa kecil.

Meski Shinobu bisa dibilang menyelamatkan mental Suzu di masa lampau, namun hubungan keduanya sayangnya tidak bisa tereksplorasi lebih dalam. Peran Shinobu hanya beberapa kali terlihat sebagai tokoh pendukung yang dampaknya tidak terlalu terasa, kecuali saat dirinya meminta Suzu untuk melepas sosok Belle dan bernyanyi sebagai dirinya sendiri demi menyelamatkan "Beasts".

Ada beberapa anggapan baik dari warganet ataupun berbagai penulis review film bahwa Belle memiliki beberapa kesamaan dengan kisah Beauty and The Beasts yang sangat populer, namun penulis menganggap bahwa film ini tak memiliki unsur romansa sama sekali. Hanya ada hubungan cinta dan rasa saling suka antara kedua tokoh pendukung, Watanabe Ruka dan Chikami Shinjirou yang justru menarik jika bisa dieksplorasi lebih lanjut.

Kekurangan lainnya adalah sosok Justice, "polisi" dunia virtual U terlihat sangat lemah dan kurang berkarakter. Meski sang ketua Justice muncul, sayangnya terlihat arogan dan justru membuatnya seperti tak ada tujuan. Tujuan Justice jadinya seolah hanya satu, menangkap dan mengungkap Beasts yang dianggap penjahat internasional.

Kesimpulan singkat dari penulis adalah Film Belle bisa dibilang sebagai salah satu mahakarya yang memang pantas mendapatkan berbagai penghargaan. Meski ada beberapa kekurangan yang membuatnya tidak sempurna, namun film ini masih layak untuk ditonton baik sendirian, bersama teman, ataupun keluarga.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.