Cosplayer tengah berpose dalam suatu event (Sumber: Istimewa)

[FOKUS] Tidak Cukup Uang untuk Beli Kostum Cosplay? Rental Saja, Asal...

Fokus 8 Feb 2022

Kamu yang baru debut sebagai cosplayer, dan ingin turun dalam event, tapi anggaran kamu terbatas? Atau kamu yang sudah sering mejeng di setiap event dan ingin mencoba menjadi karakter yang berbeda, tapi tidak mau bikin lemari penuh? Kamu bisa mencoba opsi rental kostum.

Rental kostum sendiri adalah sebuah jasa di mana kamu dapat meminjam kostum karakter yang kamu suka untuk kamu turun event, atau sekadar sesi foto saja. Ada beberapa kelebihan yang bisa membuat kamu memilih opsi ini, ketimbang membeli kostum. Namun, di saat yang sama, tidak sedikit yang harus kamu perhatikan.

Kelebihan pertama, kamu tinggal pesan kostum yang kamu suka, lalu pakai dalam waktu tertentu, misal saat event atau sesi foto, lalu kembalikan jika masa sewa habis.

Kelebihan kedua, harga sewanya lebih murah, ketimbang kamu harus membeli atau membuatnya sendiri di tukang jahit. Terlebih jika kostum tersebut hanya sekali pakai, tentu lemari kamu tidak terlalu penuh dengan kostum-kostum lama.

Di beberapa jasa penyewaan, satu set kostum bisa disewa dengan harga 150 ribu rupiah, dan harga sewa ini bisa lebih murah atau lebih mahal tergantung tempat dan/atau kostum, juga aksesoris pelengkap.

Yang perlu kamu perhatikan adalah, kostum tersebut bukan milik kamu, dan kamu harus betul-betul menjaga kostum tersebut agar dapat tetap dalam kondisi sebagaimana saat pertama kali kamu sewa. Bersih, kinclong, wangi, rapi, juga aksesoris pendamping yang lengkap.

Selanjutnya, jika jasa sewa kostum ada di kotamu, sangat mudah untuk kamu bisa mencobanya langsung di tempat. Dan jika jasa sewa kostum berada di luar daerah kamu, pastikan mulai dari proses pengiriman hingga pengembalian, semuanya dalam kondisi yang baik.

Terakhir, kamu bisa mencoba meminta rekomendasi jasa sewa kostum dari teman kamu atau orang yang memang bisa kamu percaya.

Tertarik untuk sewa kostum cosplay?

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.