[#KuliahDesain Edisi Ramadan] Yuk Membuat Khat Kufi Murabba' dengan Excel!

Kreasi 2 Apr 2022

Pembukaan

Untuk sementara ini saya ambil alih rubrik ini karena saya kepengen aja buat menuangkan ide kreatif saya. Dan saya ingin mencoba menghidupkan kembali rubrik ini setelah sekian lama tidak aktif. Menurut saya, momen Ramadan ini cukup tepat dalam menghidupkan rubrik ini.

Jadi, saya sudah beberapa kali mencoba membuat khat, tapi menurut saya yang simpel dan hasilnya cukup memuaskan adalah khat Kufi Murabba'. Khat ini disebut Kufi Murabba' karena Murabba' artinya persegi.

Khat ini sangat menonjolkan karakter geometris di setiap khat yang dihasilkan. Khat ini juga disebut khat Satranji, yang artinya catur. Hal ini juga beralasan karena khat ini dibentuk dari kotak-kotak yang juga menyerupai papan catur.

Khat ini sebenarnya cukup mudah dalam pembuatannya, namun cukup tricky saat menentukan alur dari huruf demi huruf. Biasanya, saya menggunakan software spreadsheet, seperti Excel, yang sangat mempermudah saya dalam membuat khat ini. Mengingat, Khat Murabba' ini juga terdiri dari kotak demi kotak.

Tanpa basa-basi lagi saya paparkan secara singkat bagaimana membuatnya.

Cara Membuat Khat Kufi Murabba' di Excel

Pertama -  buka aplikasi spreadsheet yang kamu punya, contohnya Excel. Lalu kita mulai baru dari awal.

Kedua - Kita buat ukuran cell menjadi ukuran kotak sempurna, yakni rasio 1:1, biasanya saya menggunakan ukuran 64x64 pixel.

Ketiga - tentukan ukuran dari khat yang diinginkan. Tandai dengan outside border. Karena saya membuat khat bertema Ramadan kali ini, saya awalnya menggunakan ukuran 13x13 cell, lalu kemudian saya berubah pikiran sehingga ukuran yang saya buat jadinya 11x11 cell.

Keempat - Kita tinggal tentukan cell demi cell yang kita rangkai menjadi satu huruf demi huruf.

Kelima - bagian yang tidak kita tandai sebagai huruf maupun titik, kita jadikan latar. Saya menggunakan latar depan berwarna hijau dan latar belakang warna hitam.

Keenam - pilih area yang sudah kita tandai, lalu kita salin dan tempel sebagai gambar di PowerPoint. Sebelum kita salin, kita hapus dulu border yang ada di pinggir.

Ketujuh - tinggal kita sesuaikan dengan tema yang kita inginkan. Saya sesuaikan dengan tema hitam emas, sehingga terlihat berkelas. Saya juga rotasi khat yang sudah saya buat 315 derajat. Lalu saya tambahkan persegi untuk saya bentuk jadi bintang segi delapan.

Kesimpulan

Meskipun terlihat sederhana, tapi agak rumit apabila kita belum benar-benar mengetahui kaidah khat Kufi Murabba' ini. Namun, akan sangat menyenangkan apabila hasilnya sangat memuaskan hati kita.

Jadi, jika kamu ingin mencoba mencari kegiatan selama kamu berpuasa mulai besok (atau mulai dari tadi pagi barangkali), kamu bisa mencoba untuk berkarya dengan membuat khat seperti ini.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.