Perbanyak Pahala Saat Ramadan, Begini 3 Cara Sedekah Digital Via GoPay

Teknologi 24 Apr 2022

Tidak terasa Bulan Ramadan tahun ini sudah tinggal tersisa sekitar dua minggu lagi. Jangan sampai semangat mengumpulkan pahala hanya gigih di awal namun loyo di akhir. Sebaliknya, dua minggu terakhir bulan suci ini justru harus kita manfaatkan untuk makin memaksimalkan pahala puasa kita. Salah satu ibadah yang bisa kita lakukan adalah bersedekah kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung.

Kini, bersedekah pun sudah makin mudah karena bisa dilakukan secara digital lewat berbagai kanal sehingga dapat diamalkan di mana saja, kapan saja, dan dengan nominal berapa saja.

Berikut tiga cara sedekah digital yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan amalan di bulan suci ini:

  1. Ikut Hari Donasi Online Nasional (Hardolnas) 2022
    Hardolnas merupakan inisiatif yang digelar oleh platform galang dana Kitabisa. Lewat momentum yang berlangsung dari 18-29 April 2022 ini, masyarakat bisa melakukan donasi dengan GoPay ke tiga kampanye, yaitu
    a. Kado Ramadan bersama BAZNAS - Setiap donasi yang terkumpul akan disalurkan berupa Kado Ramadan yang berisi kebutuhan pokok untuk para pekerja informal yang masih belum sepenuhnya pulih dari pandemi.
    Link donasi: https://kitabisa.com/campaign/kadoramadhangopay
    b. Al Quran Untuk Para Santri di Pelosok Indonesia - Kampanye yang diinisiasi oleh Rumah Zakat ini akan menyalurkan donasi yang terkumpul dalam bentuk Al-Quran untuk anak-anak di Kampung Pertik, Kecamatan Pining, sebuah desa terpencil di Aceh.
    Link donasi: https://kitabisa.com/campaign/amaljariyahgopay
    c. Bantuan Modal Usaha untuk Mitra UMKM - Setiap donasi yang terkumpul dari kampanye ini akan disalurkan dalam bentuk modal dan bantuan usaha bagi para pelaku UMKM bersama kitabisa.com.
    Link donasi: https://kitabisa.com/campaign/gopaydukungumkm
    Seperti tahun sebelumnya, setiap donasi yang masuk di Hardolnas 2022 akan dilipatgandakan nominalnya oleh GoPay. Donasi yang digandakan oleh GoPay mulai dari Rp5.000 hingga Rp500.000. Jadi, dampak positif yang dapat dirasakan oleh saudara-saudara kita pun juga akan berlipat ganda. Untuk ikut berpartisipasi, kamu bisa mengunjungi situs hardolnas.kitabisa.com atau melalui aplikasi Kitabisa.
    Faktanya pada Hardolnas 2021 lalu saja, Kitabisa dan GoPay mencatat bahwa lebih dari Rp1,4 miliar donasi berhasil terkumpul dari sekitar 29.000 donatur yang berpartisipasi, dan donasi yang terkumpul telah disalurkan ke lebih dari 6.000 penerima manfaat.
  2. Buka GoGive Lewat Aplikasi Gojek
    Sedekah makin mudah dalam genggaman karena kamu bisa cukup membuka fitur GoGive di aplikasi Gojek lalu berdonasi menggunakan GoPay. Di dalamnya, kamu bisa mengakses berbagai kampanye penggalangan dana yang ingin kamu bantu dari berbagai kategori, seperti pendidikan, kesehatan, dan masih banyak lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan GoGive untuk berbagai jenis sedekah, mulai dari sedekah Jumat hingga Zakat Fitrah.
  3. Scan QRIS di Ratusan Masjid dan Lembaga Nonprofit
    Saat ini, QRIS sudah bisa ditemukan di mana-mana termasuk di lebih dari 400 masjid dan lembaga nonprofit yang telah bermitra dengan GoPay. Jadi, kalau lupa bawa uang ketika pergi ke masjid, jangan sedih karena sekarang bersedekah ke kotak amal masjid sudah tidak perlu pakai uang tunai. Cukup scan kode QRIS yang tersedia menggunakan aplikasi Gojek lalu masukkan nominal yang ingin disedekahkan dengan GoPay. Setiap nilai yang disedekahkan pun akan langsung masuk ke masing-masing rumah ibadah dan lembaga nonprofit yang dituju.

“Sedekah digital kian diminati oleh masyarakat karena mudah, bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan dengan nominal berapa saja hingga sekecil Rp1000. Berapapun nominalnya, bersedekah bukanlah soal jumlah namun perubahan yang dapat diciptakan dari setiap aksi baiknya. Sejak donasi digital kami kenalkan pada tahun 2018, GoPay senantiasa mengajak masyarakat bergotong royong membantu sesama lewat donasi digital. Harapannya, momentum seperti Hardolnas dan tersedianya berbagai kanal untuk berdonasi digital seperti GoGive dapat makin mendorong lebih banyak orang baik untuk membantu sesama agar semua jadi bisa,” ungkap Chief Marketing Officer GoPay, Fibriyani Elastria, melalui rilis pers yang diterima Redaksi Media Formasi beberapa waktu lalu.

Donasi digital yang terintegrasi dengan dompet digital telah melahirkan tren micro-giving atau bersedekah dengan nominal kecil namun dengan frekuensi yang sering. Selama Ramadan 2021 lalu, donasi digital menggunakan GoPay menembus angka Rp22 miliar. Jumlah ini terkumpul dari berbagai kanal, seperti donasi lewat GoGive, platform galang dana, lembaga nonprofit, serta rumah ibadah yang bekerja sama dengan GoPay untuk mempermudah donasi.

Jadi, apapun pilihan caranya, jadikan momentum Bulan Ramadan ini untuk terus meningkatkan amal baik untuk membantu sesama!

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.