Gboard Bar, Keyboard Nyeleneh dari Google Japan (Multifungsi Pula)

Teknologi 3 Okt 2022

Kegunaan dari sebuah keyboard atau keebs tentu untuk memasukkan karakter ke dalam komputer untuk ditampilkan dalam bentuk visual. Dengan form factor yang sudah sangat umum dan diadaptasi pada keyboard smartphone, hampir semua orang sudah langsung terbiasa dengan layout dan form factor layaknya sebuah keyboard pada umumnya.

Nah, Google Japan menganggap keyboard konvensional dianggap terlalu monoton dari segi form factor, jadi Google memperkenalkan Gboard Bar, sebuah keyboard berbentuk unik yang menawarkan bermacam kemudahan tersendiri.

Desain Nyeleneh Berbentuk Batang

Memang tidaklah aneh bahwa Jepang kerap tawarkan ide yang out-of-the-box. Nah, kali ini Google Japan menawarkan Gboard Bar dengan form factor yang nyeleneh.

Apa yang dilakukan oleh Google adalah merelokasi semua tombol dalam satu baris secara keseluruhan. Hasilnya adalah keyboard dengan panjang 1,65 meter. Tidak hanya untuk sekadar ketak-ketik tok, Gboard Bar tawarkan bermacam kemudahan tersendiri.

Salah satu kelebihannya adalah keyboard cocok untuk orang yang meja kerjanya selalu dipenuhi oleh barang-barang sehingga bisa lebih menghemat tempat. Karena panjangnya ini, Gboard Bar dapat dioperasikan oleh dua orang sekaligus, sesuai dengan thumbnail artikel diatas.

Bahkan tongkat keyboard ini bisa digunakan untuk berbagai hal nyeleneh, seperti jadi tongkat berjalan, atau alat untuk tangkap binatang kecil di alam bebas, seliar itulah kreativitas Google.

Oh iya, jangan terpikir untuk bisa mendapatkannya, karena Google Japan sendiri tidak berencana untuk memproduksinya secara masal. Namun Google sendiri telah merilis kode GitHub yang bisa diunduh secara gratis jika ingin membuat Gboard Bar versi kalian sendiri.

Tapi ingat, form factor yang aneh itu mungkin akan terasa aneh jika digunakan untuk pertama kali, apalagi 1,65 meter itu masih sangat panjang untuk sebuah keyboard, so please keep that in mind.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)