Kijang Innova Zenix : Era Baru Motorisasi di Level Tertinggi

[MBPI] Toyota Kijang Innova Zenix : Era Baru Kijang Dimulai Sekarang

Otomotif 21 Nov 2022

Nama Toyota Kijang sendiri sudah menjadi bagian dari kultur masyarakat Indonesia sejak 45 tahun silam. Mobil yang berawal dari sebuah mobil pick-up untuk kebutuhan komersial hingga menjadi mobil keluarga ini telah menjadi bagian dari cerita masyarakat Indonesia sejak dulu hingga sekarang.

Dan tepat pada 21 November 2022 siang, era baru sang Kijang pun dimulai, dengan menghadirkan The All New Toyota Kijang Innova Zenix (yang kemudian kami sebut sebagai Kijang Innova Zenix). Kijang Innova Zenix ini merupakan generasi Kijang pertama yang hadir dengan platform TNGA, berpenggerak roda depan dan yang pertama dengan opsi mesin bensin saja semenjak generasi Kijang Kotak di tahun 1996, tapi dengan tambahan opsi mesin Hybrid.

Tampilan Ala Crossover

Kijang Innova Zenix ini hadir dengan desain eksterior yang mirip dengan lini Crossover mereka, especially yang dijual di Amerika Serikat seperti Highlander ataupun RAV4. Plus ia dibekali pelek 18 inchi yang membuatnya lebih terlihat tangguh.

Makin Gagah, Makin Perkasa dan Makin Modern (In Frame : V Gasoline non Hybrid)

Dan perlu untuk kalian tahu, konsep MPV bergaya Crossover di keluarga Kijang ini sebenarnya bukan yang pertama kali lho. Di era Kijang Kotak dan Kijang Kapsul, kalian mungkin mengenal Kijang RoverAce dan Kijang Rangga sebagai versi Crossover dari Kijang Kotak dan Kijang Kapsul.

Kijang Rangga, versi Crossover dari Kijang Kapsul (Foto dari GridOto)

Jadi, bagi kami, Kijang Innova Zenix ini bisa dikatakan sebuah reinkarnasi dari Kijang RoverAce/Rangga yang hadir dengan gaya ke-SUV-SUV an. Meskipun tanpa kehadiran "konde" di pintu belakangnya.

Platform Baru, Mesin Baru, Penggerak Baru

Hal yang berubah banyak dari Kijang Innova Zenix tak lain dan tak bukan adalah jenis sasis yang menggunakan monokok (sebelumnya ladder frame), mesin dan penggerak baru. Ketiga hal tersebut merupakan bagian dari penggunaan platform baru yang dinamai Toyota New Global Architecture (TNGA, lebih tepatnya TNGA-C) yang membuatnya punya silsilah kesaudaraan dengan Toyota Corolla (termasuk Corolla Cross Hybrid) dan Toyota Voxy.

Mesin baru yang hadir di Kijang berplatform TNGA ini ialah seri M20A-FKS yang sama dengan yang ada di Voxy dan seri M20A-FXS yang sama dengan yang ada di Corolla Cross Hybrid. Terkhusus mesin Hybrid, ia akan menggantikan mesin Diesel 2GD yang sudah menjadi culture baru di dunia modifikasi Indonesia sejak 2018 yang disebut sebagai "Diesel Cumi-Cumi".

Mesin Dynamic Force ini menghasilkan tenaga 171 hp dan torsi 205 Nm. Namun sampai artikel ini ditulis, belum ada rincian berapa tenaga yang dihasilkan mesin Hybrid di Kijang Innova Zenix, tapi jika mengacu pada mesin yang sama yang dipakai oleh Corolla Cross Hybrid, ia bisa menghasilkan tenaga 176 hp dan torsi 202 Nm.

Kedua mesin itu lantas menyalurkan tenaganya ke dua roda depan melalui transmisi e-CVT. Penggerak ini merupakan yang pertama untuk sebuah Kijang setelah sebelumnya menggunakan konfigurasi penggerak belakang dan transmisi torque converter AT dan transmisi manual.

Fitur Canggih yang Pertama Bagi Kijang

Kijang Innova Zenix bisa dikatakan sebagai generasi Kijang paling canggih saat ini. Selain kehadiran mesin Hybrid yang lebih ramah lingkungan, Kijang Innova Zenix juga dibekali pelbagai fitur canggih lainnya.

Salah satunya adalah Toyota Safety Sense 3.0 dengan cruise control adaptif yang sama seperti di Toyota Voxy. Fitur keselamatan aktif ini merupakan yang pertama di lini produk Kijang, yang membuatnya menjadi sebuah Kijang yang paling canggih untuk saat ini.

Selain Toyota Safety Sense 3.0, ia juga dibekali atap panoramic yang juga baru pertama kali digunakan di lini Kijang. Penggunaan atap panoramic membuat Kijang Innova Zenix menjadi terkesan lebih mewah, meskipun mulai banyak mobil di bawah 500 Jutaan yang sudah menerapkan fitur tersebut seperti Wuling Almaz, Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Last but not least, fitur lainnya pun juga ada di sebuah Kijang Zenix. Mulai dari panel instrumen 7 inchi yang plek ketiplek dengan mobil berbasis TNGA lainnya (seperti Voxy), layar multimedia yang sudah mendukung konektivitas Android Auto dan Apple Car Play serta NFC untuk cek saldo e-toll dan pengingat Ganjil-Genap, dual rear seat entertainment, kursi tengah captain seat yang kini dengan Ottoman, sistem telematik T-Intouch dan lain sebagainya.

Harga dan Varian Kijang Innova Zenix

Sebagai sebuah Kijang yang terus tumbuh dan berevolusi, tentu juga dibarengi dengan kenaikan harga dan hadirnya varian baru yang membuat Kijang menjadi naik kelas. Untuk Kijang Innova varian bensin dijual dalam dua tipe, yakni tipe G dan V dan untuk varian Hybrid dijual dalam tiga tipe, yakni G, V dan Q.

Juga tersedia dengan bodykit Modellista

Kijang Innova Zenix dijual mulai dari 419 juta hingga 467 juta untuk varian non hybrid (G dan V). Dan mulai dari 458 hingga 611 juta untuk varian Hybrid (G, V dan Q).

Dengan kehadiran Kijang Innova Zenix ini, Kijang sudah berada di level yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Mulai dari penggunaan teknologi mutakhir seperti mesin Hybrid, hingga penempatan harga yang membuatnya naik kelas, "dari yang awalnya mobil rakyat menjadi mobil wakil rakyat," seperti yang dikatakan oleh RMODA Workshop.

Akhir kata, semoga banyak cerita yang mewarnai perjalanan Kijang Innova Zenix yang nantinya turut menyambung cerita perjalanan sebuah Toyota Kijang sejak 1977 hingga sekarang dan di masa depan. BTW, yuk share pengalamanmu dengan Toyota Kijang di kolom komentar dibawah!

Update per 21 November pukul 19:29

Untuk varian Hybrid, Kijang Innova Zenix mendapatkan mesin M20A-FXS punya output total 186 ps dengan rincian tenaga untuk mesin bensin sebesar 152 ps dan motor listriknya 113 ps. Torsinya sendiri sebesar 206 Nm untuk motor listriknya dan 187 Nm untuk mesin bensinnya.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja