Almaz RS Hybrid saat diperkenalkan di Sirkuit Formula E Ancol, Jakarta yang juga disiarkan di kanal YouTube Wuling MotorsID

[MBPI] Wuling Almaz RS Kini Hadir Dengan Mesin Hybrid!

Otomotif 3 Nov 2022

Wuling Almaz kerap kali diidentikan dengan konsumsi bahan bakar yang boros oleh beberapa penggunanya, dan Wuling akhirnya menemukan solusi untuk mengatasi problem dari mesin 1,500cc turbo mereka. Dan apa yang mereka lakukan untuk mengatasi hal itu? yep, mesin hybrid!

Kenalin, ini adalah Wuling Almaz RS, salah satu SUV dari Wuling dengan teknologi mutakhir. Hanya saja, Wuling Almaz RS ini punya sesuatu yang berbeda dibalik kap mesinnya.

Dan bisa kalian tebak, mesin dari Almaz RS ini menggunakan mesin Atkinson Cycle 2,000 cc bertenaga 123 hp dengan torsi 168 Nm. Tapi jangan kaget dulu dengan mesin dengan tenaga kecil ini, mesin ini dipadukan dengan mesin hybrid + dedicated hybrid transmission (DHT) yang sama dengan Wuling Asta Hybrid.

Walhasil, kombinasikan mesin atkinson cycle itu dengan sistem hybrid dari Asta Hybrid maka jadilah kombinasi sempurna yang menghasilkan tenaga 174 hp dan torsi 320 Nm. Plus, konsumsi BBM dari mesin Hybrid lungsuran Asta Hybrid ini bisa mencapai 21,7 km/l yang artinya jauh lebih irit dari Almaz dengan mesin turbo.

Selain itu ada tiga mode Hybrid yang hadir di Almaz Hybrid ini. Pertama ada EV Mode yang memanfaatkan motor listrik sebagai penggerak utama, lalu Series Hybrid yang memanfaatkan mesin bensin sebagai genset untuk mengisi daya baterai dari motor listrik, dan parallel hybrid yang memanfaatkan semua mesin di Almaz Hybrid sebagai penggerak utama.

Diluar dari mesin barunya, Almaz Hybrid ini sejatinya gak jauh beda lho dari Almaz RS bermesin bensin dari segi desain eksterior dan eksterior. Semuanya sama, kecuali adanya aksen biru dan emblem Hybrid yang menandakan kalau mobil ini merupakan varian Hybrid, velg yang berbeda serta detail dan warna interior yang membuatnya beda dari Almaz RS biasa.

Almaz Hybrid ini dijual seharga Rp. 470 jutaan OTR Jakarta. Lebih murah 70 jutaan dari Corolla Cross Hybrid yang dijual seharga 540 jutaan dan lebih murah 12,8 juta dari Nissan Kicks e-Power.

Dengan hadirnya Almaz Hybrid ini sekaligus melanjutkan "parade" mobil Hybrid yang diluncurkan sepanjang tahun 2022 di Indonesia, sebelum puncaknya pada akhir November ini dengan hadirnya Kijang Innova Zenix Hybrid. Bagaimana, tertarik dengan Almaz Hybrid ini?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja