Hyundai Merilis Desain Terbaru untuk All-New Kona, Tampil Lebih Futuristik!

Otomotif 20 Des 2022

Hyundai Kona dikenal sebagai pionir kendaraan EV murah di Indonesia bersama dengan IONIQ Electric di tahun 2020 silam, meskipun pada saat ATPM Hyundai Indonesia masih dipegang oleh Hyundai Mobil Indonesia, Hyundai Kona juga dijual dalam varian bermesin bensin. Dan tepat pada 20 Desember ini, Hyundai Motor Company meluncurkan desain futuristik yang berasal dari EV untuk generasi terbaru dari Hyundai Kona.

Dengan arsitektur universal untuk semua dan gaya yang unik untuk masing-masing variannya, Kona generasi kedua akan ditawarkan dalam empat varian mesin. Mulai dari Kona Electric yang cukup populer di Indonesia, Kona Hybrid, Kona dengan mesin bensin biasa dan Kona N Line.

Dengan KONA yang serba baru, Hyundai Motor telah membawa komitmennya terhadap mobilitas berkelanjutan dan pemikiran desain yang dipimpin teknologi untuk memperluas penawaran EV-nya - diinovasi dan dimajukan oleh jajaran IONIQ yang memenangkan penghargaan - sambil juga memenuhi beragam kebutuhan mobilitas pelanggannya dengan berbagai powertrain.

"Ditingkatkan dengan karakter unik KONA, KONA yang serba baru dengan percaya diri mengekspresikan kehadirannya yang berani dan dinamis," kata Sang Yup Lee, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Pusat Desain Hyundai. "KONA telah berevolusi dalam segala hal untuk merangkul keragaman yang lebih luas, untuk menjadi pendukung gaya hidup sejati."

KONA yang ditingkatkan menyampaikan kehadiran jalan yang lebih dinamis, mengakomodasi lebih banyak 'ruang hidup'

KONA terbaru telah berevolusi menjadi SUV yang lebih besar namun tetap urban-sentris dengan gaya yang lebih berani yang menyampaikan kehadiran jalan yang lebih dinamis dan interior yang berpusat pada pengemudi. Untuk memberikan 'ruang hidup' yang lebih maksimal bagi pelanggan, model terbaru ini memiliki panjang 4.355 mm, yang 150 mm lebih panjang dari generasi sebelumnya, berdasarkan varian EV.

Lebarnya juga bertambah 25 mm dan panjang wheelbase 60 mm dibandingkan dengan model sebelumnya, tanpa kehilangan identitas desain ikoniknya.

Tidak seperti kebanyakan kendaraan yang tersedia dengan berbagai powertrain, KONA dimulai dengan desain varian EV, yang kemudian diadaptasi desainnya untuk model ICE, HEV dan N Line. Pendekatan yang tidak konvensional ini memungkinkan Hyundai untuk membawa pemikiran desain yang berpusat pada teknologi ke semua varian KONA.

Meskipun memiliki arsitektur yang sama, model EV, ICE/HEV, dan N Line yang sporty memiliki gaya futuristik yang khas.

Fascia depan KONA yang bersih dan khas mencirikan volume murni bagian depan, yang berkontribusi pada kinerja aerodinamis model yang halus. Volume murni disorot oleh Lampu Horizon Seamless yang membentang, yang berpiksel pada varian EV, menandai model Hyundai pertama dengan Lampu Horizon Seamless Pixelated yang menambah karakter khas EV.

Penggunaan Parametric Pixels oleh KONA juga menyebarkan elemen desain khas dari jajaran EV populer Hyundai.

Terlepas dari penampilannya yang futuristik, KONA yang serba baru tidak pernah membuat orang lupa bahwa itu adalah SUV. Gaya dinamisnya ditonjolkan dengan lengkungan lengkungan roda yang dipahat dengan berani yang menggabungkan lampu depan dan lampu belakang, memperkuat dasar KONA yang kuat.

KONA yang serba baru ini penuh dengan permukaan parametrik. Lipatan diagonal tajam pada bagian samping menghubungkan cetakan krom satin dari belt line ke spoiler, menciptakan kontur yang membungkus seluruh kendaraan.

Bagian belakang menampilkan Seamless Horizon Lamp lainnya serta high-mounted stop lamp (HMSL) yang terintegrasi dengan mulus di dalam cetakan krom satin pada spoiler.

Ada beberapa variasi gaya di antara varian powertrain. EV mendapatkan detail grafis piksel pada kisi-kisi intake dan bumper belakang, desain velg 19-inci yang terinspirasi piksel, garis hitam yang merangkul dan kaca spion samping dan atap hitam opsional.

ICE dan HEV berbagi desain bumper dan skid plate yang berani dan kokoh, serta kelongsong lengkungan roda hitam. N Line menawarkan spion samping dan atap hitam opsional, spoiler tipe sayap, desain depan dan belakang yang lebih agresif dengan bemper berbentuk sayap untuk menekankan sikap yang lebih rendah, velg 19 inci yang khas, knalpot kembar, dan side skirt perak.

Kegunaan yang mendukung gaya hidup dengan tata letak berorientasi pengemudi dan fitur praktis

Interior KONA yang lebih besar menyediakan fitur-fitur praktis dan pengalaman di dalam mobil yang berevolusi untuk mengakomodasi gaya hidup yang beragam. Arsitektur universal yang berasal dari EV mengakomodasi tata letak yang sporty dengan C-Pad horizontal mengambang untuk menekankan interior KONA yang ramping dan lebar, memberikan ruang serbaguna bagi pengemudi dan penumpang.

Layar lebar ganda 12,3 inci dan modul mengambang memberikan kesan teknologi tinggi. Pencahayaan ambien meningkatkan pengalaman dan kenyamanan pengguna.

Dengan pemindahan shift-by-wire tipe kolom dari konsol tengah ke belakang kemudi, memberikan tata letak yang rapi dan ruang tambahan untuk barang-barang di terowongan tengah.

Bangku baris kedua Curve-less Bench Seat memperkuat estetika desain urban abad ke-21 KONA. Hal ini menawarkan pengalaman unik dengan kegunaan, kenyamanan, dan kemudahan maksimal.

Di belakang baris kedua adalah ruang kargo yang dimaksimalkan. Detail lebih lanjut dari all-new Hyundai KONA akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja