Aktivis Lingkungan Sebarkan Iklan Palsu BMW dan Toyota di Eropa Sebagai Bentuk Protes

Otomotif 19 Jan 2023

Di Eropa, topik lingkungan menjadi isu yang paling sensitif di segala industri, bahkan sampai topik paling panas di ranah politik melalui badan Uni Eropa.

Namun, pihak yang dianggap paling 'kegirangan' dengan gerakan ini tentu saja para aktivis lingkungan, dan tentu saja layaknya gerakan masyarakat, mereka tidak akan ragu untuk melakukan 'segala cara' pada pihak yang paling merugikan lingkungan agar pesan mereka dapat tersampaikan.

Lihat saja apa yang dilakukan oleh para aktivis di Eropa dengan cara yang bisa dibilang 'tidak biasa'.

Sebarkan Iklan Palsu BMW dan Toyota, Sebarkan Hashtag #BanFossilAds

Sebagaimana yang dilansir melalui Carscoops, sejumlah iklan palsu mulai bertebaran di sejumlah kota di Eropa seperti Inggris, Brussels, dan kota lainnya. Dilaporkan ada 400 iklan yang tersebar di seluruh penjuru Eropa sekaligus menyebarkan hashtag #BanFossilAds sebagai bentuk protes terhadap iklan mobil dengan mesin ICE (Internal Combustion Engine).

Menariknya, gerakan ini diklaim oleh sejumlah kelompok aktivis lingkungan seperti The Subvertisers' International, Brandalism, dan Extinction Rebellion yang mengatakan bahwa mereka memasang papan reklame di Prancis, Jerman, Inggris, dan Belgia sebagai reaksi terhadap meningkatnya kehadiran iklan otomotif menjelang Brussels Motor Show ke-100.

Aktivis lingkungan menargetkan BMW dan Toyota sebagai sasaran iklan palsu kali ini dengan dalih sengaja menyembunyikan dampak negatif penjualan mobil terhadap lingkungan yang mereka sebut sebagai Greenwashing Advertising Practices. Penargetan BMW dan Toyota juga didasarkan dari sikap anti terhadap diplomasi lingkungan yang dilakukan oleh InfluenceMap.

Pada akhirnya, para aktivis menggunakan iklan palsu untuk menyerukan larangan iklan pada kendaraan yang berpolusi sebagaimana seperti larangan terhadap produk tembakau. Iklan palsu seperti diataspun bisa kalian lihat melalui beberapa kicauan Tweet berikut.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (ΰΉ‘>β—‘<ΰΉ‘). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)