Mulai Minggu Depan, Windows 7 dan 8 "Suntik Mati", Tidak Dapatkan Update Apapun

Teknologi 6 Jan 2023

Dilansir The Verge - Microsoft akan menghentikan dukungan dan pembaruan keamanan untuk sistem operasi Windows 7 dan 8.1 pada tanggal 10 Januari. Ini juga akan menandai peluncuran Microsoft Edge 109, versi terakhir yang akan mendukung sistem operasi lama tersebut. Namun, Edge bukan satu-satunya browser utama yang akan meninggalkan dukungan untuk Windows 7 dan 8.1.

Pada bulan Oktober, Google telah mengumumkan bahwa Chrome akan berhenti mendukung kedua sistem operasi tersebut pada tanggal 7 Februari. Meskipun kedua browser tersebut masih akan bekerja di perangkat dengan sistem operasi tersebut, mereka tidak akan menerima pembaruan keamanan atau fitur baru. Dukungan juga akan berakhir untuk WebView 2, alat yang memungkinkan pengembang untuk menyematkan konten berbasis web ke dalam aplikasi mereka.

Tenggat waktu berikutnya menyisakan sedikit waktu bagi pemilik mesin yang masih menjalankan Windows 7, diperkirakan sekitar 100 juta perangkat pada tahun 2021, untuk memutakhirkan perangkat mereka atau menghadapi risiko keamanan yang terkait dengan menggunakan sistem operasi dan browser yang sudah tidak didukung.

Survei Lansweeper yang dilakukan pada 27 juta perangkat Windows pada Oktober lalu menemukan bahwa lebih banyak PC yang menjalankan Windows XP, 7, atau 8 daripada yang menjalankan Windows 11. Meskipun demikian, Microsoft telah memberikan banyak pemberitahuan kepada pengguna tentang akhir dukungan untuk Windows 7, pertama kali diumumkan pada tahun 2020.

Satu-satunya pengguna yang masih akan menerima pembaruan adalah mereka yang membayar tambahan tiga tahun patch keamanan tambahan. Jika Anda memiliki perangkat yang menjalankan Windows 7 dan 8.1, mungkin saat yang tepat untuk mengunduh Windows 10 atau 11 di PC Anda. Tetapi jika itu tidak memungkinkan, Microsoft merekomendasikan untuk mengganti perangkat dengan yang lebih baru sebelum tanggal 10 Januari untuk menghindari potensi masalah keamanan.

Sumber : The Verge

Tag

Reza Lyon Kurniawan

Saya suka perkembangan teknologi dunia, saya juga suka nonton animasi jepang kok hehehe