Kamu pikir ini adalah Perodua Axia? Kamu salah, ini adalah Daihatsu All New Ayla (Daihatsu Indonesia)

Daihatsu Resmi Memperkenalkan Generasi Baru Ayla, Hadir Dengan Desain Ala Perodua Axia

Otomotif 15 Feb 2023

Di episode terakhir dari peluncuran generasi baru dari trio hatchback kelas A dari Toyota - Perodua - Daihatsu, Astra Daihatsu resmi memperkenalkan generasi terbaru dari Ayla, hatchback kelas A mereka yang punya kembaran dari Toyota (Agya dan Agya GR-S) dan Perodua (Axia). Bahkan, di generasi terbarunya ini, Daihatsu Ayla kini terlihat mirip dengan saudara kembarnya di Malaysia!

Basically a Perodua Axia, but With a Twist!

Sebagai produk kembar dari jenama yang satu induk, Astra Daihatsu Ayla ini punya desain yang dibedakan dengan Astra Toyota Agya dan Perodua Axia. Tapi di generasi kedua ini, ia justru punya kemiripan dengan Perodua Axia (tapi tetap beda dari Astra Toyota Agya).

Tapi, apa yang membuatnya ia berbeda dari Axia? Well di ornamen grille-nya kini diberi motif yang membuatnya terlihat lebih manis, terus di bagian DRL LED yang lebih panjang sedikit ketimbang di Axia, adanya reflektor di lampu belakang serta aksesoris ADS yang membuatnya sporty. Serta di bagian kaki-kaki, Ayla hadir dengan velg yang kurang lebih sama seperti Axia ataupun Agya G, hanya saja diberi baluran warna agak kehitaman agar menimbulkan kesan sporty.

Salah satu pembeda Ayla dengan Axia : Reflektor di Lampu Belakang (B Channel)

Tapi apa yang membuat ia menjadi "Perodua Axia but With a Twist?" jawabannya ada di mesin yang bakal sama seperti di Agya LCGC maupun di Agya GR-S, 1.200 cc, tiga silinder berkode WA-VE yang merupakan turunan dari mesin Raize dan Rocky. Mesin WA-VE ini punya output tenaga 87-88 PS dan torsi 113 Nm.

Dan sama seperti Axia, ada wacana untuk tetap menghadirkan opsi mesin 1.000cc berkode 1KR-VE yang menghasilkan tenaga 68 PS dan torsi 91 Nm di varian terbawahnya. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi D-CVT yang diklaim dapat menghasilkan konsumsi BBM yang lebih efisien.

Gambaran Fitur Baru yang Bakal Hadir di Ayla Baru

Sama halnya dengan Agya, interior Ayla pun dibuat seragam dengan Axia. Tapi, jika di saat perkenalan Agya baru, foto ilustrasi yang digunakan belum merupakan final product, di saat perkenalan Ayla baru, ada sedikit gambaran fitur interior apa yang bakal kalian dapatkan di Ayla baru (meskipun di varian terendah).

Engineer Daihatsu menjelaskan beberapa fitur di All New Ayla (Daihatsu Indonesia)

Misal head unit yang sama seperti di Daihatsu Rocky dan Xenia, panel meter analog dengan tachometer (ada kemungkinan opsi TFT MID seperti di Axia dan Agya GR-S, namun bisa saja meleset), smart key dengan engine start/stop button dan lain sebagainya. Daihatsu pun meng-klaim bahwa Ayla baru juga akan dibekali ruang bagasi yang cukup lega untuk membawa barang bawaan kalian.

Engineer Daihatsu menjelaskan beberapa fitur keselamatan di All New Ayla (Daihatsu Indonesia)

Dari segi safety, Daihatsu sudah mengkonfirmasi bahwa semua Ayla baru akan dibekali dengan 2 SRS Airbag, terlebih di beberapa varian lain akan dibekali VSC (Vehicle Stability Control) dan HSA (Hill Start Assist). Namun fitur-fitur ADAS seperti yang ada di Perodua Axia belum dikonfirmasi apakah akan disertakan atau tidak.

Menerka Harga Ayla dan Agya Baru

Sama seperti Agya, belum ada info lebih lanjut mengenai varian dan harga dari Daihatsu Ayla saat kami menulis artikel ini. Tapi jika berkaca dari Perodua Axia di Malaysia (baik di generasi terbaru maupun di generasi sebelumnya) serta dari generasi sebelumnya.

Generasi terbaru Axia dijual mulai dari 134,4 juta Rupiah untuk varian G hingga 172,3 juta Rupiah untuk varian AV, yang mana mengalami sedikit kenaikan dari harga Axia generasi sebelumnya, yang dimulai dari 120,5 juta Rupiah untuk varian G hingga 155 juta Rupiah untuk varian AV. Sementara untuk Ayla di generasi sebelumnya (per Februari 2023, mengutip Oto.com), ia dipatok mulai dari 115,5 hingga 175,3 juta Rupiah dan Agya di generasi yang sama (per Februari 2023, mengutip Oto.com), ia dipatok mulai 159,7 hingga 181,5 juta Rupiah.

Jadi, perkiraan kami untuk harga Daihatsu Ayla baru ini akan dijual di sekitar 120-180 jutaan, sementara Toyota Agya akan dijual di sekitar 170-200 jutaan. Dan ingat, perkiraan harga ini mungkin akan berbeda dengan harga saat ia dirilis secara resmi pada gelaran IIMS atau di gelaran lain saat mobil ini sudah diumumkan harganya.

So, begitulah pembahasan kami soal Daihatsu Ayla generasi kedua ini. Berhubung besok adalah hari pertama IIMS, apakah Ayla dan Agya baru ini akan melakukan price reveal di IIMS? kita tunggu saja.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja