YouTube Uji Coba Video Bitrate Tinggi untuk Pengguna Premium

Teknologi 28 Feb 2023

Mediaformasi.com - Menonton YouTube tampaknya sudah menjadi hal yang dilakoni hampir setiap orang setiap harinya. Melihat demografis penggunanya yang sangat luas, tidak heran YouTube menjadikan platform-nya sebagai sarana untuk mencoba berbagai fitur baru.

Kali ini, YouTube mulai mencoba fitur terbaru - video 1080p dengan bitrate tinggi untuk pengguna premium.

Bitrate Tidak Kalah Pentingnya dengan Resolusi

Sebelum itu, jika kalian masih awam soal bitrate akan dijelaskan pada paragraf ini. Pada dasarnya, kualitas video tidak hanya ditentukan dari resolusi namun juga dari bitrate atau bisa dibilang seperti 'informasi' dalam bentuk bit pada videonya. Semakin banyak informasi atau ‘bit’ yang terdapat dalam sebuah video, semakin jernih pula videonya.

Kira-kira begini, format 1080p Blu-ray mempunyai bitrate maksimal 40 Mbps, sedangkan video YouTube dengan resolusi serupa hanya mencapai 8-10 Mbps, dan perbedaannya pun bisa terlihat dengan jelas seperti pada perbandingan berikut ini.

Ujicoba Fitur 1080p Bitrate Tinggi untuk Pengguna Premium

Kembali ke topik, YouTube melalui juru bicara Paul Pennington mengatakan bahwa perusahaan sedang melakukan ujicoba fitur 1080p dengan bitrate tinggi untuk sebagian pengguna Premium setelah sebelumnya sempat ditemukan oleh seorang pengguna di Reddit dan Brandon Lee dari This is Tech Today.

Eksperimen kali ini diberi nama “1080p Premium’. Fitur ini kelak hanya akan tersedia untuk pengguna yang sudah berlangganan YouTube Premium dengan cara menyediakan pilihan “Enhanced bitrate” ketika ingin memilih kualitas video.

Belum diketahui seberapa lama YouTube akan melakukan eksperimen fitur video bitrate tinggi ke pengguna, maupun tanggal pasti kapan fitur ini akan mulai tersedia secara publik.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)