Banyak Publisher Undur Diri, E3 2023 Resmi Dibatalkan

Gaming 31 Mar 2023

Mediaformasi.com Bagi para gamer, acara Electronic Entertainment Expo atau disingkat sebagai E3 sudah menjadi ajang yang paling ditunggu-tunggu, dimana berbagai publisher mengumumkan sejumlah informasi baru mengenai video game tentu menjadi aspek utama acara selalu dipenuhi antusias banyak orang.

Namun sejak pandemi melanda 2020 silam, pamor tersebut seakan meredup sampai beberapa kali dibatalkan. Kali ini, hal itu terjadi lagi walaupun sempat diumumkan akan diadakan kembali.

Baca Juga: E3 2023 Akhirnya Kembali Digelar Secara Offline (dan Online)

Publisher Tidak Ikutan, E3 2023 Dibatalkan

Dilansir dari IGN, organisiasi Entertainement Software Association atau ESA mengumumkan bahwa acara Electronic Entertainment Expo atau disingkat E3 2023 dipastikan telah dibatalkan belum mampu mempertahankan ketertarikan yang dibutuhkan untuk menjalankan acara dengan ukuran, tenaga dan timbal balik dari industri.

Berikut pernyataan dari Kyle Marsden-Kish selaku global VP gaming, ReedPop mengenai pembatalan ini:

Ini adalah keputusan yang sulit karena semua upaya yang kami dan mitra kami lakukan untuk mewujudkan acara ini, tetapi kami harus melakukan apa yang benar untuk industri dan apa yang benar untuk E3. Kami menghargai dan memahami bahwa perusahaan yang tertarik tidak akan memiliki demo yang dapat dimainkan dan bahwa tantangan sumber daya membuat berada di E3 musim panas ini menjadi kendala yang tidak dapat mereka atasi. Bagi mereka yang benar-benar berkomitmen pada E3 2023, kami mohon maaf kami tidak dapat menampilkan karya yang layak Anda dapatkan dan yang Anda harapkan dari pengalaman acara ReedPop.

Penyelenggaraan E3 memang cukup terhambat karena regulasi social distancing sejak pandemi COVID-19 melanda dengan pembatalan E3 2020 walau sempat hadir lagi di 2021 dengan format online.

Tahun 2022 event E3 juga sempat dibatalkan dengan alasan untuk revitalisasi acara yang rencananya akan dilakukan secara online dan offline untuk E3 2023 mendatang. Bahkan E3 2023 sudah diumumkan sejak Juni tahun silam untuk diselenggarakan 13-16 Juni 2023.

Namun publisher lebih memilih untuk menyelenggarakan event secara mandiri, dimulai dari Sony yang menyatakan undur diri dari acara E3, lalu  diikuti oleh Ubisoft dan Nintendo yang juga tidak mengikuti acara E3 dengan alasan serupa.

Penyelenggara pun tidak punya opsi selain membatalkan E3 2023 sebagai imbas dari animo yang semakin berkurang pasca banyak publisher besar yang menarik diri dari acara tersebut. Mereka berjanji masih akan bekerja sama untuk event di masa depan, dengan harapan E3 2024 dapat terlaksana.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)