Honda Civic Type R Generasi Baru Resmi Dijual di Indonesia!

Otomotif 30 Mar 2023

Honda Prospect Motor akhirnya memperkenalkan Honda Civic Type R FL5 yang merupakan generasi terbaru dari seri terkencang-nya Honda Civic di Indonesia. Dan di kesempatan yang sama, Honda juga melakukan handover kepada 10 pembeli pertama, salah satunya kreator konten sekaligus jurnalis otomotif kenamaan Fitra Eri.

Tapi sebelum membahas soal handover-nya, let's talk about this Civic Type R. Civic Type R FL5 ini merupakan Civic Type R pertama setelah FD2 yang diproduksi di Jepang setelah di generasi sebelumnya diproduksi di Britania Raya.

Mobil yang kini dirakit di fasilitas produksi Honda di Yorii, Saitama ini tentu membawa mesin yang cukup bertenaga untuk seekor Civic, 2000cc VTEC turbo yang bertenaga 315 dk dan 420 nm of torque (nice) yang dikawinkan dengan transmisi manual 6 speed dan berbagai mode berkendara. Kombinasi mesin dan transmisi ini dapat membuat sebuah Civic Type R memecahkan rekor lap di sirkuit Suzuka, Jepang dalam waktu 2:23.120.

Kendati ia less agressive ketimbang FK8, FL5 punya desain yang tidak jelek, bahkan tampil cukup tampan dengan desain yang minimalis dan tentu tidak menghilangkan unsur sporty dengan adanya air outlets dan spoiler. Dan sama seperti sebelumnya, FL5 dibangun dari basis Civic Hatchback yang di generasi ini tidak lagi dijual di Indonesia, menjadikannya salah satu varian Civic berbentuk hatchback yang bisa kalian beli saat ini.

Civic Type R FL5 ini dibanderol seharga 1,399 M OTR Jakarta, dan di saat yang bersamaan dengan peluncurannya, Honda juga melakukan seremoni handover kepada 10 pemesan pertama Civic Type R di Indonesia. Salah satu diantaranya adalah Fitra Eri yang memesan Civic Type R ini jauh sebelum Honda merilis tanggal peluncuran mobil itu di Indonesia.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja