Valve Hentikan Dukungan Steam untuk Windows 7 dan 8 Setelah 2024

Gaming 29 Mar 2023

Mediaformasi.com - Seiring dengan berjalannya waktu dengan update fitur dan keamanan dari platform store Steam, tuntutan untuk versi Windows yang lebih baru menjadi tidak terelakkan. Oleh karena itu, akhirnya Valve akan menghentikan layanan Steam mereka untuk Windows 7 dan 8 (termasuk 8.1).

Alasan Steam Hentikan Dukungan untuk Windows 7 dan 8

Baru-baru ini Valve mengeluarkan pernyataan untuk menghentikan dukungan Windows 7 dan 8 (termasuk Windows 8.1) pada tahun 2024 mendatang, dan menyarankan untuk mengupdate sistem operasi setidaknya ke Windows 10 atau 11, sebagaimana yang dinyatakan sebagai berikut:

Mulai 1 Januari 2024, Steam secara resmi akan berhenti mendukung sistem operasi Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1. Setelah tanggal tersebut, Steam Client tidak akan lagi berjalan di versi Windows tersebut. Untuk terus menjalankan Steam dan game apa pun atau produk lain yang dibeli melalui Steam, pengguna harus memperbarui ke versi Windows yang lebih baru.
Perubahan ini diperlukan karena fitur inti di Steam bergantung pada versi tersemat Google Chrome, yang tidak lagi berfungsi di versi Windows yang lebih lama. Selain itu, versi Steam yang akan datang akan membutuhkan fitur Windows dan pembaruan keamanan yang hanya ada di Windows 10 dan yang lebih baru.
Meskipun dukungan tidak akan berakhir hingga 2024, kami sangat menganjurkan semua pengguna Windows 7/8/8.1 untuk memperbarui lebih cepat daripada nanti. Microsoft mengakhiri pembaruan keamanan dan dukungan teknis untuk Windows 7 pada Januari 2020 dan untuk Windows 8.1 pada Januari 2023. Komputer yang menjalankan sistem operasi ini, saat tersambung ke internet, rentan terhadap malware baru dan eksploit lain yang tidak akan ditambal. Malware itu dapat menyebabkan kinerja PC, Steam, dan game Anda buruk atau macet. Malware itu juga dapat digunakan untuk mencuri kredensial akun Steam Anda atau layanan lainnya.

Valve mengatakan bahwa fitur terbaru dari Steam menuntut Google Chrome versi embedded yang hanya bisa dijalankan pada Windows 10. Belum lagi fitur keamanan Steam yang hanya bisa bekerja sepenuhnya pada Windows 10 dan 11.

Lebih lanjut, Valve mengungkapkan bahwa hanya 1.94% pengguna Steam yang masih menjalankan Windows 8 dan 8.1, serta 5.34% untuk Windows 7, sehingga tidak ada alasan bagi Valve untuk melanjutkan dukungan untuk kedua sistem operasi tersebut kalau penggunanya sendiri semakin sedikit.

Dengan waktu yang semakin dekat, sudah saatnya untuk update sistem operasi Windows setidaknya ke Windows 10 jika ingin terus menggunakan layanan Steam.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)