Monster Energy Gugat Pokemon karena Kata Monster di "Pocket Monster"

Gaming 10 Apr 2023

Mediaformasi.com - Adakalanya suatu kata sudah diasosiasikan dengan sebuah brand atau produk tertentu oleh konsumen. Produsen pun "gerak cepat" dengan memberikan trademark untuk nama produknya, sampai menggugat produk lain jika ada kesamaan dalam nama produknya itu sendiri.

Namun kali ini, perusahaan minuman energi Monster Beverage (kalian lebih mengenalnya dengan Monster Energy Drink) menggugat Pokemon karena kata Monster di "Pocket Monster", bahkan Monster Hunter sampai kena getahnya, kok bisa?

Gugat Pokemon dengan Alasan Membingungkan Konsumen

Setidaknya menurut database J-PlatPlat platform, Monster Beverage setidaknya telah melayangkan 134 gugatan atas penggunaan kata "Monster" termasuk Pokémon X and Y dan Pokémon Sun and Moon, bahkan gugatan ini meliputi Monster Hunter dari Capcom.

Klaim merek minuman tentang Pokémon adalah bahwa "konsumen dapat salah mengira game tersebut sebagai produk dari keluarga Monster Energy", argumen yang sama pun juga dilayangkan kepada Monster Hunter, namun kedua upaya tersebut ditolah pengadilan setempat.

Game Sekalipun Kena Gugat

Bicara soal gugatan ini, Vincent Livings selaku creator Dark Deception: Monsters and Mortals menceritakan keluhan dari gugatan hukum oleh Monster Beverage karena alasan yang sama - penggunaan kata "Monster" di nama gamenya. Sekarang ini dia berusaha untuk melawan perusahaan minuman energi tersebut di pengadilan.

Kalau kalian menanggap gugatan ini konyol, maka kalian tidaklah sendirian. Rasanya siapa yang dibuat kebingunan antara Pokemon dan minuman energi hanya karena kesamaan kata? Bahkan kalian bisa menganggap ini adalah lelucon bulan April.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)