Tampilan Google Pixel Fold. Photo by : @madebygoogle (Twitter)

Jadi Pesaing Baru di Pasar Foldable Phone,Google Hadirkan Pixel Fold

Teknologi 11 Mei 2023

Trend smartphone lipat atau foldable kini menjadi hal baru dalam perkembangan dunia smartphone. Smartphone lipat sendiri memberikan hal yang baru kepada penggunanya yang menginginkan smartphone dngan ukuran yang lebih ringkas ataupun bagi mereka yang menginginkan smartphone dengan layar yang lebar.

Setelah beberapa brand besar mulai memasuki pasar foldable seperti Samsung dan Oppo, kini Google pun mulai membuat smartphone lipat mereka yang pertama dengan nama Google Pixel Fold yang diumumkan pada event tahunan Google I/O 2023.

Sebelumnya Google Pixel Fold sudah dibocorkan melalui tweet Google pada tanggal 5 Mei dengan memperlihatkan smarphone yang dapat dilipat tersebut dan pada tanggal 10 Mei, Google resmi memperlihatkan model dan spesifikasi dari smartphone tersebut.

Smartphone Terbaru Tetapi Menggunakan Chipset Lama

Pixel Fold masih menggunaka chipset generasi sebelumnya G2

Walau smartphone ini merupakan smartphone terbaru Google ditahun ini, tetapi sepertinya mereka tidak menyiapkan chipset terbaru untuk digunakan di dalam smartphone ini dan memilih mengunakan chipset mereka di tahun sebelumnya yaitu Tensor G2 yang digunakan juga pada Google pixel 7 dan 7 pro.

Baca Juga : Performa Maksimal dalam Desain Ramping: Acer Predator Triton 14, Laptop Gaming Terbaru dengan Teknologi Terkini

Untuk spesifikasi lengkapnya, Google Pixel Fold akan menggunakan chipset buatan Google yaitu Tensor G2 dengan RAM sebesar 12gb LPDDR5 dan pilihan storage 256gb hingga 512gb dengan tipe penyimpanan UFS 3.1. Smartphone ini juga dibekali daya sebesar 4.821mAh dan sensor sidik jari yang diletakan pada tombol daya.

Kameranya mengunakan setup kamera utama 48MP OIS, kamera ultra-wide 10,8MP, dan telefoto 10MP dengan 5x optical zoom. Untuk kamera depan menggunakan setup 8MP dan 9,5MP pada bagian layar dalam, smartphone ini juga dilengkapi dengan sertifikasi IPX8.

Spesifikasi Layar Lipat Google Pixel Fold

layar depan dan fold dari google pixel fold

Untuk layar sendiri Google Pixel Fold menggunakan layar utama bertipe OLED ultra thin glass berukuran 7,6inch dan resolusi 2208x1840 dengan engsel berbahan stainless steel dan refresh rate 120hz. Hal yang menakjubkan ada di layar luar dari smartphone ini dimana pada layar utamanya berukuran 5,8inch beresolusi 1080x2092 dengan refresh rate 120hz dilangkapi perlindungan Gorila Glass Victus dengan rasio 17,4:9 dimana layar luar dari Google Pixel Fold ini memiliki rasio lebar yang sering dijumpai pada smartphone umum dan tidak seperti pesaingnya yang menggunakan rasio yang memanjang sehingga ketika menggunakan layar luar Google Pixel Fold rasanya sama seperti menggunakan smarphone pasaran yang ada.

Walau smartphone ini dipastikan tidak akan masuk secara resmi ke indonesia dan dengan harga yang cukup tinggi diangka $1799 atau sekitar 28jt, namun ini akan menambah persaingan pada pasar smartphone foldable yang ada dipasaran saat ini dan teknologi ini akan terus berkembang kedepannya.

Tag

Putu Arie Setyadharma

Seorang Penikmat Jejepangan & Teknologi Sekarang Menjadi Tukang Foto Cosplay Keliling