Bersiap dengan konsol terbaru ROG Ally (Foto : ROG Global (youtube))

ROG Ally Rilis Diharga 8 Jutaan Siap Bersaing Dengan Steam Deck

Teknologi 12 Mei 2023

Pasar konsol genggam kini semakin ramai semenjak Steam Deck meluncur dipasaran, kebutuhan pemain yang menginginkan bermain game yang dapat dibawa kemana saja membuat banyak vendor gaming mulai merilis konsol genggam mereka sendiri tidak terkecuali brand terkenal Asus.

Asus dengan jargon gaming andalannya ROG kini merilis konsol genggam mereka sendiri yaitu ROG Ally. Konsol buatan Asus ini merupakan konsol genggam pertama dari Asus yang akan bersaing ketat dengan Steam Deck. Apa saja spesifikasi yang ditawarkan konsol satu ini?

Spesifikasi Konsol Gaming ROG Ally

Spesifikasi dan fitur dari ROG Ally

Sepertinya Asus tidak main-main dengan konsol genggam mereka yang satu ini bahkan mereka bekerja sama dengan AMD untuk membuat prosesor baru untuk konsol satu ini yaitu AMD Ryzen Z1 dan Z1 Extreme yang memiliki arsiktektur RDNA 3 dengan 8-core 16-Threads dimana prosesor ini cukup untuk mengangkat game steam yang ada saat ini. Selain itu  ROG Ally dilengkapi RAM sebesari 16GB bertipe LPDDR5 dan penyimpanan SSD M.2 sebesar 512GB dimana jauh lebih besar dari pesaingnya Steam Deck.

Baca juga : Jadi Pesaing Baru di Pasar Foldable Phone,Google Hadirkan Pixel Fold

Dari segi layar sendiri ROG Ally mengunakan layar beresolusi FHD 1080p dengan refresh rate 120hz dan didukung dengan teknologi AMD Freesync premium memiliki tingkat kecerahan layarnya mencapai 500 nits, yang membuat pengalaman bermain jauh lebih baik, dan spesifikasi dari layar ini jauh lebih baik daripada Steam Deck dimana hanya beresolusi 720p dan refresh rate di 60hz.

Teknologi ROG Zero Gravity Thermal System

Untuk spesifikasi lainnya ROG Ally sendiri mengunakan teknologi pendingin bernama ROG Zero Gravity Thermal System. Teknologi yang mengunakan dua kipas ini akan memberikan pendinginan maksimal ke prosesor dan menstabilkan konsol saat digunakan bermain game. Selain itu terdapat beberapa fitur tambahan untuk meningkatkan pengalaman bermain game seperti slot microSD UHS-II,Sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol daya, Charging USB C yang mendukung pengisian daya cepat, hingga pengamanan menggunakan Windows Hello dan dukungan perangkat lunak Armoury Crate SE.

Harga dari Konsol ROG Ally

Harga Resmi Dari ROG Ally

Setelah melihat spesifikasi diatas, dimana konsol ini lebih tinggi dibanding pesaingnya Steamdeck, para antusiasnya memperkirakan harga awalnya disekitar 10 juta hingga 15 juta. namun pada live ROG Global semalam harga resmi dari produk ini telah diumumkan dan mengejutkan bagi beberapa gamer.

Bonus Xbox Game Pass 3 Bulan Dalam Pembelian ROG Ally

Melalui live semalam harga dari ROG Ally dibagi menjadi dua berdasarkan spesifikasinya ROG Ally yang menggunakan AMD Ryzen Z1 dibandrol diharga $599 atau sekitar 8 juta rupiah, sedangkan untuk spesifikasi tertingginya yang menggunakan AMD Ryzen Z1 Extreme dibandrol diharga $699 atau sekitar 10 juta rupiah Selain itu kalian akan mendapatkan bonus XBOX Game Pass selama 3 bulan. dimana harga dan bonus yang diberikan sangat bersaing dengan konsol genggam yang ada dipasaran saat ini.

dengan rilisnya ROG Ally menjadi awal dari era PC Handheld mengingat pasar dari Asus sendiri lebih besar dibandingkan kompetitornya yang lain. ROG Ally sendiri dijadwalkan rilis sekitar bulan juni atau Q3 2023 tetapi kalian bisa melakukan Pre Order untuk versi Z1 Extreme di tanggal 11 Mei 2023. Jadi siapkah dompet dan budget kalian untuk membeli konsol genggam satu ini?

Tag

Putu Arie Setyadharma

Seorang Penikmat Jejepangan & Teknologi Sekarang Menjadi Tukang Foto Cosplay Keliling