Ilustrasi penggunaan ponsel sebagai media komunikasi, salah satunya adalah menjadi webcam untuk perangkat PC (Foto: tomsguide.com).

Sebagian Ponsel Android 14 akan Bisa Dijadikan Webcam oleh Pengguna

Teknologi 30 Mei 2023

Update terbaru untuk sistem operasi Android oleh Google, yaitu Android 14, kemungkinan akan memberikan fungsionalitas ke ponsel merek Samsung untuk menjadi webcam.

Berdasarkan berita yang kami kutip dari SamMobile dan 9to5google, terdapat beberapa kode baru yang dideteksi oleh Mishaal Rahman untuk memberikan fungsi ponsel Android menjadi webcam.

Baca juga: Windows 11 akan Bisa Buka File RAR, 7z, hingga Tar secara Bawaan

Proyek yang dinamakan "DeviceasWebcam" ini yang dikatakan akan memberikan fungsi ponsel Android menjadi webcam. Saat ini juga belum ada limitasi tertentu untuk menjadikan ponsel menjadi webcam, yang saat ini menggunakan standar USB Video Class atau UVC yang kompatibel dengan banyak perangkat.

Kemudian, karena project DeviceasWebcam ini adalah suatu service, maka Google kedepannya harus memberikan aplikasi khusus untuk memanfaatkan fitur tersebut. Jika tidak ada, maka pihak merek ponsel lah yang harus membuatnya, seperti Samsung.

Baca juga: [Review] Redmi 10 5G, Future Proof Murah Yang Bisa Diandalkan

Kedepannya, fitur-fitur lainnya juga akan lebih jelas jika sudah ada rilisan Android 14 Developer Preview pada waktu mendatang.

Camo dan Continuity Camera, Aplikasi untuk Jadikan Ponsel Android menjadi Webcam

Sebelumnya, opsi terbaik yang dimiliki pengguna Android untuk menjadikan ponsel mereka menjadi webcam adalah menggunakan aplikasi bernama Camo. Aplikasi yang dapat diinstall di Android maupun iOS ini memungkinkan ponsel untuk menjadi webcam baik itu di komputer Windows atau Mac.

Baca juga: ROG Ally Rilis Diharga 8 Jutaan Siap Bersaing Dengan Steam Deck

Hal ini juga membuat Apple pada waktu itu untuk membuat fungsi ini ada secara bawaan dengan aplikasi Continuity Camera pada tahun lalu. Sehingga, saat ini pengguna Mac dapat menggunakan iPhone mereka untuk menjadi webcam di perangkat Mac.

Pengguna harus memiliki minimal iPhone XR atau iPhone yang dirilis tahun 2018 (kecuali iPhone SE untuk fitur Desk View) dan perangkat Mac yang kompatibel dengan sistem operasi macOS Ventura, mulai dari MacBook tahun 2017, MacBook Air tahun 2018 atau setelahnya, dan lain-lain. Selengkapnya kamu bisa baca di halaman dukungan Apple di sini.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast