Ilustrasi Windows 11 yang akan mendukung file arsip populer saat ini, seperti RAR, 7z, tar, gz, dan masih banyak lainnya (Foto: Istimewa/generacionxbox.com).

Windows 11 akan Bisa Buka File RAR, 7z, hingga Tar secara Bawaan

Teknologi 30 Mei 2023

Pada update mendatang Windows 11, Microsoft mengabarkan akan membawakan dukungan langsung untuk beberapa format file kompresi populer, seperti RAR, 7-Zip (7z), Tar, Gz, dan masih banyak lagi.

Hal ini terungkap sesuai dengan postingan terbaru di blog Microsoft oleh Panos Panay, Chief Product Officer, Windows and Devices.

"Kami telah menambahkan dukungan bawaan untuk format arsip tambahan, termasuk tar, 7-Zip, RAR, gz, dan banyak lainnya menggunakan proyek sumber terbuka libarchive," ungkap Panos Panay pada tulisan blog post terbarunya.

Baca juga: [Review] Redmi 10 5G, Future Proof Murah Yang Bisa Diandalkan

Artinya, pada versi Windows 11 yang akan datang, kamu tidak perlu repot-repot install aplikasi seperti WinRAR, 7-Zip, atau program kompresi lainnya.

Namun, belum diketahui sampai mana integrasi format arsip ini di Windows 11. Sehingga, kemungkinan besar kamu masih akan perlu memerlukan program-program tersebut apabila ingin fitur-fitur yang lebih banyak, seperti membuat recovery record yang menuliskan data tambahan pada file arsip ketika membuat file RAR menggunakan WinRAR.

Jika untuk kebutuhan sehari-hari seperti membuka atau membuat arsip biasa, integrasi ini dapat menjadi penghemat waktu terutama jika baru melakukan instalasi Windows 11 tanpa ada program apa pun di dalamnya.

AI akan Hadir Langsung di Windows 11

Selain itu, ternyata banyak juga pembaharuan yang akan diberikan Microsoft pada sistem operasi Windows 11, termasuk integrasi artificial intelligence (AI) langsung di Windows 11.

Integrasi AI di Windows 11 dengan nama Copilot (Sumber: blog.windows.com)

Integrasi AI di Windows 11 ini akan masuk ke bagian fitur Windows Copilot. Hal ini membuat Windows menjadi sistem operasi pertama di PC yang akan memberikan bantuan AI terpusat kepada pengguna. Bersama layanan Microsoft lain, yaitu Bing Chat yang sudah mendapatkan kemampuan AI GPT-4 dan plugin pihak ketiga lainnya, pengguna dapat menyelesaikan berbagai macam hal dengan lebih mudah dengan bantuan AI seperti rekan kerja atau kopilot.

Baca juga: Sony Umumkan Project Q, Handheld Streaming Yang Unik!

Nantinya, tombol Copilot akan ada di bagian tengah taskbar, yang jika dibuka akan menampilkan jendela baru di layar bagian kanan. Hal ini mirip seperti tampilan Bing Chat yang terintegrasi di Microsoft Edge saat ini.

Masih banyak lagi update menarik di Windows 11, seperti integrasi alir kerja developer dengan "Dev Home" yang memberikan integrasi ke fitur-fitur seperti WinGet, Dev Drive, hingga GitHub.

Baca juga: Microsoft Mulai "Memaksa" Pengguna Windows 10 untuk Upgrade ke Windows 11

Terdapat integrasi lainnya yang menitikberatkan AI pada operasional sehari-hari sistem seperti Hybrid Loop, yaitu memungkinkan skenario AI secara hybrid di platform Azure dan perangkat pengguna, Windows AI Library yang memberikan sumber daya tambahan untuk menggunakan model machine learning dan API untuk pengembangan AI, mengendalikan lampu RGB langsung dari Windows, dan masih banyak lainnya.

Untuk selengkapnya, kamu bisa langsung saja ke blog post Microsoft pada tautan ini.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast