Developer Game ‘Nakal’ ILLUSION akan Ditutup Agustus 2023

Gaming 14 Jul 2023

Rasanya tidak perlu dipertanyakan bahwa di kalangan para gamer mengenal sejumlah game mendapat julukan “eroge” atau erotic game. Sesuai namanya, game yang memiliki unsur “nakal” yang dikhususkan untuk gamer dewasa.

Diantara semua eroge yang beredar, penggemar eroge tersebut pastinya tidak asing dengan developer populer asal Jepang - ILLUSION yang dikenal dengan game seperti Room Girl dan Koikatsu Party yang sempat hadir di Steam. Sayangnya, studio game tersebut dikabarkan akan segera ditutup Agustus mendatang.

Developer Game ‘Nakal’ ILLUSION Akan Ditutup

Pengumuman penutupan ILLUSION disampaikan melalui akun Twitter resmi sang developer, dimana seluruh aktivitas penjualan game akan dihentikan secara permanen mulai tanggal 18 Agustus 2023 mendatang.

Lalu seluruh operasi perusahaan akan dihentikan pada 31 Agustus 2023, yang diikuti dengan proses penutupan pada 19 September 2023. Setelahnya, seluruh game tak lagi dapat dibeli maupun diunduh untuk dimainkan.

Banyak yang berpendapat bahwa peraturan dan pengawasan konten dewasa di Jepang yang semakin ketat serta maraknya pembajakan game menjadi salah satu faktor penutupan developer ini.

Room Girl, Ai Shoujo, dan Koitkatsu Party

Developer ILLUSION memang menjadi salah satu pengembang game eroge yang cukup dikenal. Beberapa game-nya bahkan sudah tersedia melalui platform Steam, seperti Room Girl, Ai Shoujo, dan Koikatsu Party. Meskipun semuanya 'diubah' agar bisa hadir di platform Steam, namun kehadiran game tersebut begitu diapresiasi oleh para gamer.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)