Ilustrasi perubahan branding Twitter menjadi X oleh Elon Musk.

Elon Musk Umumkan Rebranding Twitter Menjadi "X"

Teknologi 24 Jul 2023

Sejak Elon Musk mengakuisisi sosial media Twitter, beragam kontroversi terus muncul entah krena banyak regulasi dan peraturan baru yang menimbulkan pro dan kontra di kalangan para penggunanya dan sebagainya.

Kali ini, Elon Musk melakukan kejutan lain dengan mengumumkan rebranding dengan mengubah nama Twitter menjadi “X”.

Umumkan Rebranding Twitter Menjadi "X"

Beberapa waktu lalu, Elon Musk selaku chairman dari mengirimkan tweet mengejutkan dengan rencana mengganti brand Twitter menjadi "X", sekaligus menghapus keberadaan logo burung biru ikonik yang telah ada sejak 2007.

Melalui laporan dari jurnalis Zoe Schiffer, Elon diketahui juga mengirimkan email kepada para karyawan Twitter mengenai rebranding tersebut sekaligus email tersebut menjadi pesan terakhir yang dikirim lewat alamat email Twitter Elon Musk.

Post by @reporterzoe
View on Threads

Logo "X" bisa dibilang sudah menjadi ciri khas dari perusahaan Elon Musk, dimulai dari domain X.com yang kemudian menjadi PayPal, dan juga SpaceX. Bicara soal X.com, Elon sempat membeli kembali domain tersebut sejak 2017.

Alasan Rebranding Twitter Menjadi "X"

Gerakan rebranding Twitter menjadi "X" tentu bukan tanpa alasan. CEO Twitter - Linda Yaccarino menjelaskan apa yang menjadi alasan rebranding tersebut.

Menurutnya, Elon Musk menginginkan Twitter bertransformasi menjadi "aplikasi super" yang merangkum segala aspek, seperti sosial media, messaging, layanan perbankan, dan marketplace. Mungkin Elon terinspirasi dari WeChat yang berawal dari aplikasi instant messaging yang berkembang menjadi marketplace terbesar di China.

Entah upaya rebranding "X" ini akan sukses atau bahkan pengguna akan menrindukan nama Twitter serta logo burung berkicau tersebut, waktu yang akan menjawab

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)