Illustrasi in-game Need For Speed Most Wanted 2012, Sumber: Electronic Arts

[Review] Need For Speed Most Wanted 2012, Dunia Utopia Road Rage Ala Burnout Paradise

Gaming 18 Jul 2023

Gim yang bukan lanjutan dari Need For Speed Most Wanted 2005 ini memiliki DNA gim Burnout. Kenapa begitu? mari simak ulasannya.

Gim ini rilis setelah gim Need For Speed The Run, (Baca juga, [Review] Need For Speed The Run, Race Dramatis, Menegangkan, Gim Yang Seperti Film ) dan didevelop oleh Criterion Games untuk PC, PS3, Wii, NDS, serta hadir juga versi mobilenya. Pada saat itu hadir untuk tandingan gim lainnya yang sama-sama berjenis open world racing game seperti Forza Horizon 1 dan TDU2 tapi tetap menghadirkan fitur kejar-kejaran dengan polisi.

Sumber: Kanal Youtube BojanV03

Pada dasarnya gim ini bisa dibilang sangat berbeda dari Need For Speed pada umumnya, apalagi kakaknya yaitu Need For Speed Most Wanted 2005. Gim yang pertama kali tidak ada safe house dan mobil yang bertebaran di mana-mana, dan jika kalian baru pertama kali main, menemukan mobil terparkir seperti menemukan jackpot baru.

Hampir terasa berbeda dengan kakaknya dan yang sama hanyalah adalah kejar-kejaran dengan polisi.

Completely Different Game

Dibandingkan kakaknya gim ini mengadirkan world yang baru dari segi cara mainnya maupun tampilan yang terlihat modern. Gradasi warnanya mempunyai pendekatan dengan real world. Tidak ada lagi toolbox time trial, tempat beli mobil dan tempat modifikasi.

Satu-satunya cara untuk mendapatkan mobil baru yaitu mengalahkan rival dan mencari jackpot mobilnya. Modifikasi spek mobil pun dibuat sederhana tidak detail dan tidak sebebas pendahulunya.  

Tidak ada lagi jebakan untuk polisi dan mobilmu bisa saja crash. Tapi di gim ini mobilmu sepenuhnya bisa diperbaiki lagi secara sekejap termasuk banmu yang bocor dengan masuk tempat seperti pom bensin.

Need For Speed Most Wanted 2012 betul-betul menghadirkan gim balap open world yang berbeda dari gim balap lainnya. Musik yang dipilih cenderung bergenre pop rock di mana akan membawamu merasakan dunia utopia para racer yakni 'Fairhaven' ke arah fun dan semakin mendorong adrenalinemu untuk terus balap mengalahkan lawan.

Developer sama dengan seri Burnout

Ya, telah disebutkan sebelumnya bahwa gim ini merupakan besutan Criterion Games yang telah terkenal kesuksesannya dengan seri Burnout. Ciri khasnya Burnout sudah pasti ada dalam gim ini. Terasa sekali road rage yaitu takedown musuh dan crash. Musuh bisa dengan mudah terpental asal kamu tabrak dengan kecepatan tinggi. Mobilmu juga bisa goyang jika disenggol oleh musuh lain atau mobil polisi.

Di samping itu mapsnya juga ada bagian yang mirip dengan Burnout Paradise.  Ini dia kesamaan maps Burnout Paradise dan Need For Speed Most Wanted 2012 yang diunggah akun @StrikerTC1:

Gim ini menurut penulis malah terasa seperti Forza Horizon 4 tapi dengan rasa Burnout.

Driving Experience

Mobilnya sangat tidak mudah terpelintir secara tidak sengaja seperti NFS Most Wanted 2005. Rata-rata mobil memiliki grip yang hampir sama, cuman tingkat handling saja yang berbeda tergantung aerodinamis mobil.

Mobilmu bisa menikung bahkan drifting di kecepatan tinggi loh, tidak masuk akal bukan? Dan juga, mobil-mobil di gim ini rata-rata ringan untuk dibelokkan.

Yang membedakan di gim sebelumnya yaitu ada mobil yang dikhususkan untuk off-road di lumpur atau tanah basah. Ada beberapa tingkatan mobil tertentu yang bisa diandalkan di rumput atau tanah basah. Biasanya yang mobil memiliki tingkat off-road yang rendah adalah supercar dan hypercar, dan mobil yang memiliki tingkat off-road yang tinggi adalah mobil AWD yang terkenal di Rally seperti Mitsubishi Lancer Evo, Subaru WRX STi dan Ford Focus RS.

Sebenarnya penulis rasa ketika memainkan gim ini musuhnya cenderung gampang untuk dikalahkan apalagi gim ini memiliki DNA gim Burnout jadi tabrak saja lawanmu agar kamu unggul di depan.

Tapi masalahnya adalah track yang cenderung terasa sempit dan penuh dengan mobil NPC yang berjalanan. Mobil NPC tersebut kadang muncul di tempat yang tidak terduga dan malah terasa seperti balap jalanan beneran. Oleh karena itu, ketika kamu memainkan gimnya, kamu setidaknya harus hafal dengan jalanan yang akan dilewati ketika balapan dan harus tahu gerak-gerik di mana biasanya mobil NPC akan muncul.

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Suka fotografi dan gambar anime, gaming tipis-tipis