Land Cruiser 250 a.k.a Prado generasi terbaru (Toyota)

Toyota Membawa Kembali Heritage Land Cruiser di Amerika Serikat

Otomotif 2 Agt 2023

Mediaformasi.com - Hanya berselang tiga tahun setelah Toyota mengumumkan penghentian penjualan dari Land Cruiser di Amerika Serikat, Toyota justru kembali membawa Land Cruiser ke negeri Paman Sam dengan gaya yang berbeda. Alih-alih membawa Land Cruiser 300 yang sudah dijual di berbagai negara termasuk di Indonesia sejak beberapa tahun silam, Toyota justru menghadirkan kembali Land Cruiser di Amerika dengan menghadirkan generasi terbaru Land Cruiser 250 atau yang di Indonesia dikenal sebagai Land Cruiser Prado.

Berbeda dengan LC300 yang punya gaya yang mewah dan premium, Prado justru membawa nilai-nilai fundamental dari sebuah Land Cruiser. Nilai-nilai dasar itu meliputi Honest, Lean and Agile dan Fit for Purpose yang lebih menyatu dengan alam dan masyarakat.

Tiga nilai fundamental di Toyota Land Cruiser (Toyota)

Bahkan, Toyota membawa heritage Land Cruiser lawas ke generasi terbaru Prado dengan penggunaan model lampu bulat di beberapa varian tertentu, desain body yang mengotak namun tangguh dan penggunaan tulisan "TOYOTA" menggantikan logo tripel elips pada grill, pintu belakang dan setir.

Dengan platform TNGA-F, Prado generasi terbaru hadir dalam lima opsi mesin. Yakni 2.400cc bensin dengan turbo dan opsi hybrid (T2A-FTS) bertenaga 281-330 PS dan torsi 430-630 Nm; mesin diesel 2.800cc dengan opsi mild hybrid (1GD-FTV) bertenaga 204 PS dan 500 Nm dan mesin bensin 2TR-FE 2.700cc bertenaga 163 PS dan torsi 246 Nm.

Kesemua mesin kecuali mesin 2TR-FE ini dipadukan dengan transmisi 8 percepatan Direct Shift otomatis dan menyalurkan tenaganya ke keempat roda (4x4). Sehingga Land Cruiser ini sama seperti Land Cruiser pada umumnya yang jago dipakai untuk off-roading bahkan bisa dipakai overlanding.

Land Cruiser Prado generasi terbaru ini selain akan dijual di Amerika Utara juga akan dijual di Jepang (berbarengan dengan J70 Facelift), Tiongkok, Eropa, Australia dan Timur Tengah. Belum ada informasi apakah Asia Tenggara juga akan mendapatkan Prado generasi terbaru termasuk di Indonesia, tapi jika ia masuk ke tanah air, ia akan menjadi opsi menarik jika kalian menginginkan Land Cruiser yang tangguh namun tak se-premium LC300.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja