Logo Apple bertema "Scary Fast" (Sumber: Apple/YouTube)

Apple Event Edisi Halloween Perkenalkan Chip M3 dan MacBook Pro Hitam

Teknologi 31 Okt 2023

​Pagi tadi pukul 07.00 WIB baru saja dilaksanakan Apple Event yang ditayangkan secara langsung di kanal YouTube milik Apple.

Berbeda dari yang sebelumnya digelar siang menjelang sore Waktu Pasifik, acara Apple event bertema Halloween kali ini digelar pada malam hari (30/10) waktu setempat.

Dalam acara bertajuk "Scary Fast" ini, Apple mengumumkan sejumlah produk baru, yang semuanya menggunakan chip terbaru besutan mereka yakni Apple M3.

Chip Apple Silicon terbaru ini adalah langkah terbaru Apple untuk semakin menguatkan niat mereka untuk semakin menjauh dari Intel, di mana beberapa tahun silam perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut mengumumkan mantap berhijrah dari chip buatan Intel.

Apple M3 menjadi chip pertama Apple yang dibuat dalam arsitektur 3nm, dilengkapi dengan sejumlah pengembangan, mulai dari lini penggunaan daya yang lebih hemat, penggunaan CPU yang lebih cepat dan lebih efisien, serta pembaruan pada GPU dengan dukungan ray tracing.

Tiga varian chip Apple M3 (Sumber: Apple/The Verge)

Chip ini tersedia dalam 3 varian, yakni M3 biasa, M3 Pro, dan M3 Max. Ketiganya dibedakan dari segi jumlah core CPU dan GPU serta RAM dan penyimpanan yang terintegrasi dengannya.

Namun, untuk perkenalan kali ini, baru MacBook Pro dan iMac yang secara resmi menjajal chip ini. Kemungkinan produk lain yang bakal mencicipi chip ini baru akan diperkenalkan di Apple Event berikutnya.

Untuk lini MacBook Pro, ada 3 varian yang menggunakan chip Apple M3, yakni MacBook Pro 14 inch yang menggunakan varian dasar dari M3, MacBook Pro 14 dan 16 inch yang menggunakan varian M3 Pro, dan MacBook Pro dengan varian M3 Max.

Selain chip baru, MacBook Pro juga diperkenalkan dalam varian warna baru, yakni Space Black.

Lini MacBook Pro akan dijual mulai dari 1.500 Dollar Amerika untuk varian 14 inch dengan chip Apple M3 biasa.

Spesifikasi MacBook Pro M3, juga menampilkan MacBook Pro berwarna Space Black (Sumber: Apple/YouTube)

Namun, dengan kemunculan MacBook Pro 14 inch, maka lini MacBook Pro 13 inch dikabarkan akan berakhir. Selain MacBook Pro ukuran 13 inch, fitur Touchbar pun juga dikabarkan ikut lenyap.

Menurut laman Apple Insider, banyak rumor mengatakan varian paling dasar dari MacBook Pro tersebut bakal didesain ulang. Namun, akhirnya Apple memutuskan untuk tidak melanjutkan varian ini, dan menjadikan varian 14 inch sebagai varian Pro paling murah dan dasar.

Tak hanya MacBook Pro saja, lini iMac juga mendapatkan chip baru ini. Meskipun tak banyak perubahan yang didapat dari seri sebelumnya, selain adanya chip M3 baru ini.

Spesifikasi iMac M3 (Sumber: Apple/YouTube)

iMac M3 masih akan tetap menggunakan bodi yang sama dengan pendahulunya dengan berbagai varian warna dan kamera Facetime HD 1080p.

Namun, perubahan ada pada dukungan Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.3, serta sistem speaker 6 buah untuk kualitas audio sekelas studio.

iMac M3 bakal dibanderol dengan harga mulai dari 1.300 Dollar AS untuk varian 8 core CPU.

Spesifikasi dan varian lebih lengkap bisa kamu simak melalui rekaman siaran langsung Apple Event "Scary Fast" di tautan berikut.

Kita tunggu produk Apple mana lagi yang bakal menyusul buat menjajal chip terbaru ini.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.