Mobil Listrik dengan "MIUI (HyperOS)"? EV Pertama Xiaomi SU7 Bocor di Internet

Otomotif 19 Nov 2023

Kalian lebih mengenal Xiaomi sebagai produsen Smartphone, Tablet, dan IoT yang identik dengan MIUI (Kedepannya akan menjadi HyperOS). Serta rasanya sulit membayangkan Xiaomi terjun di bidang transportasi selain e-scooter, bukan industri mobil yang kompleksitasnya luar biasa.

Namun rasanya tidaklah mustahil bagi perusahaan teknologi untuk terjun di dunia otomotif, seperti Sony Afeela (awalnya disebut VISION-S), Xiaomi rupanya berniat ikut terjun ke dunia otomotif dengan mobil listrik pertamanya, SU7.

Baca Juga: Dinamai Xiaomi EV, Inilah Bukti Xiaomi Terjun ke Dunia Mobil Listrik

(Mungkin) Dirilis di 2024

Xiaomi's SU7 leaks in detail, will arrive in early 2024

Informasi ini dilansir dari Car News China, dimana ditemukan dari Ministry of Industry and Information Technology (MIIT) yang merilis foto dan spesifikasi yang dipercaya sebagai mobil listrik pertama dari Xiaomi.

Sebagai konteks, Ministry of Industry and Information Technology (MIIT) selalu merilis berbagai informasi mobil yang dalam proses homologasi secara publik sebelum mobil tersebut diluncurkan secara resmi di China. Tentu pabrikan mobil tidak suka dengan hal tersebut karena sama saja membeberkan mobil yang diluncurkan di China sebelum hari peluncuran.

Xiaomi tidak sepenuhnya memproduksi SU7 secara mandiri, melainkan diproduksi secara kontrak oleh Beijing Automotive Industry Holding Co. (BAIC). Uniknya, BAIC juga memproduksi Mercedes-Benz di Tiongkok di bawah perusahaan patungan Beijing-Benz. yang didirikan pada tahun 2005.

SU7 seolah menyerupai Genesis G70 dari depan, terutama berkat lampu depan yang terbelah secara horizontal. Bentuk fastback empat pintu memberikan kesan alah Porsche Taycan. Namun dengan jarak sumbu roda hanya 2.987 milimeter (9,8 kaki) dan panjang 5.000 mm (16,4 kaki), SU7 sedikit lebih panjang dibandingkan Taycan.

Beberapa detail lain meliputi sensor LIDAR dan pilihan dua ukuran velg: 19 dan 20 inci. Spesifikasinya memiliki dua pilihan: RWD dengan motor listrik bertenaga 295 hp dan dual-motor AWD dengan tenaga 664 hp, dengan kecepatan tertinggi dibatasi hingga 210 km/jam untuk RWD dan 265 km/jam untuk AWD. Belum diketahui ukuran baterai yang digunakan namun akan ada dua pilihan baterai: Lithium-ion phosphate (LFP) dari BYD dan Li-NMC dari CATL.

Dirumorkan bahwa Xiaomi SU7 akan mulai diproduksi pada Desember 2023 sebelum dikirim ke konsumen pada bulan Februari tahun depan.

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (๑>◡<๑). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)