Stapler Cup, Ajang Lomba 'Adu Mekanik' Para Operator Forklift Seantero Jerman

Otomotif 18 Nov 2023

Apakah kalian bekerja di industri logistik atau manufaktur, atau setidaknya mengujungi situs dari industri bersebut? Maka kehadiran forklift merupakan pemandangan lumrah. Jika ada teman kalian yang bekerja sebagai operator forklift (atau bahkan kalian sendiri adalah operator forklift itu sendiri), setidaknya kalian tahu bahwa menjadi operator forklift memiliki SOP tersendiri dan membutuhkan fokus yang intens.

Dengan betapa vitalnya peran dari operator forklift, rasanya masuk akal bahwa skill forklifting bisa dijadikan perlombaan, lagipula melihat para operator forklift saling 'adu mekanik' memang terlihat aneh, namun tidak out of place.

Stapler Cup, Ajang Perlombaan Forklifting Seantero Jerman

Di Jerman, ada kompetisi untuk para operator forklift untuk unjuk kemampuannya yang dinamakan Stapler Cup. Jika kalian pikir kompetisi ini mulai diperkenalkan di zaman sosmed ini, kalian salah, kompetisi ini sudah berlangsung sejak 1992 dan berlangsung setiap tahunnya, kecuali tahun 2022 (kalian tahu kenapa).

Tantangan dalam perlombaan sendiri sangat beragam, seperti mengangkat barang rawan pecah sambil membawa barang tersebut melewati berbagai hambatan serta menuyusun barang rawan pecah tersebut dalam urutan tertentu, termasuk melewati jungkat-jungkit sambil membawa beban berat. Tidak cukup, operator harus memarkir forklift-nya dan berlari menaiki tanjakan untuk menekan tombol merah besar untuk menyelesaikan lombanya.

Rasanya bakal sulit untuk perlombaan serupa diselenggarakan di Indonesia, belum lagi rasanya sulit bagi perusahaan untuk mengirimkan operator forklift yang vital tanpa menggangu operasionalnya. Namun setidaknya ajang ini menunjukkan bahwa apa saja bisa diperlombakan, dan rasanya melihat para operator forklift saling unjuk gigi dari kemampuannya adalah sesuatu yang untuk kalau tidak mau dibilang aneh (jika di Jerman).

Tag

Dio Puja Altha

Seorang penulis yang selalu kebelet menulis melawan tangan saya yang gatel mengetik di keyboard (เน‘>โ—ก<เน‘). Writing, Photography, and Subtitling, Just Doing Something Fun for My Own Sake (^^;)