Ilustrasi PlayStation 5, iterasi terbaru konsol gim dari Sony (Foto: theinvader.com).

Bocoran Spek PS6, Bisa 8K 60 FPS, Lanjut Pakai AMD

Teknologi 15 Feb 2024

Ketika PlayStation 5 masih dianggap sebagian orang sebagai barang baru di tahun ketiga nya di 2024 ini, Sony dikabarkan akan merilis PlayStation 6 yang sekaligus menjadi penerus konsol gim paling sukses saat ini.

Berdasarkan informasi dari tomsguide.com, terdapat beberapa bocoran tentang spesifikasi hingga waktu kemungkinan perilisan PS6 ini. Seperti apa saja detailnya?

Tetap Menggunakan AMD, Spesifikasi Super Gahar

Berita terbaru datang dari YouTuber Moore's Law Is Dead, seorang sumber yang telah terbukti dapat dipercaya sebelumnya dengan membocorkan detail tentang PS5 Pro yang telah lama dirumorkan dengan internal yang diperkuat.

Dalam video terbarunya, Moore’s Law is Dead menyatakan dengan "100%" keyakinan bahwa Sony akan terus bekerja sama dengan AMD untuk menggerakkan PS6 dan PS5 Pro.

Minggu Pertama FFWS Indonesia 2024 Spring, RRQ Kazu Raih Poin Teratas
Turnamen esports Free Fire World Series Indonesia 2024 Spring sudah mulai terlaksana dari 9 Februari lalu. Minggu pertama ini diungguli oleh RRQ Kazu dan Indostars dengan selisih dua poin saja. Yang lain, masih tertinggal cukup jauh.

Chip tersebut diyakini akan memberikan pengalaman gaming 4K pada 120fps dan 8K pada 60fps, sumber mengatakan.

Melengkapi kepercayaan pada rumor ini adalah laporan lain dari YouTuber RedGamingTech, yang menyatakan bahwa Sony bahkan tidak mempertimbangkan vendor lain selain AMD untuk menggerakkan konsol generasi berikutnya.

PS4 dan PS5 masing-masing menggunakan AMD Jaguar dan Zen 2. Sebelum rilis PS5 pada tahun 2020, RedGaming Tech mengatakan bahwa Sony membahas kemungkinan beralih ke vendor chip lain, yang paling mencolok dari vendor tersebut adalah Nvidia.

Namun, perusahaan akhirnya memutuskan untuk tetap menggunakan AMD atas beberapa alasan, termasuk kemudahan kompatibilitas mundur dan tim solusi kustom yang sudah ada.

Persona 3 Reload Sukses Besar, Pecah Rekor 1 Juta Unit Terjual di Dunia
Sudahkah kamu membeli gim Persona 3 Reload ini di Steam atau platform lain? Persona 3R ini mendapatkan review yang luar biasa positif dan mencetak rekor 1 juta keping penjualan fisik dan digital di minggu pertama perilisan!

Kapan PS6 Rilis? Antara 2024 hingga Setelah 2027

Layaknya rumor lainnya, kamu jangan menelan mentah-mentah informasi yang beredar tentang konsol penerus PlayStation 5 ini. Belum pasti hal tersebut akan benar-benar terlaksana, walau pola nya mungkin terlihat meyakinkan.

Namun, berdasarkan dokumen akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft pada tahun 2022 lalu, terdapat poin yang mengatakan bahwa Sony tidak berencana merilis PS6 dalam waktu dekat. Spesifiknya, PS6 belum akan rilis sebelum tahun 2027.

Microsoft pada tahun 2023 lalu sempat mengatakan bahwa, jika kesepakatan dengan Activision Blizzard disetujui, mereka berkomitmen untuk merilis game Call of Duty di platform PlayStation setidaknya dalam 10 tahun ke depan.

Sony telah memulai pembicaraan awal dengan produsen untuk PS6, klaim Moore’s Law Is Dead. Mengenai PS5 Pro, rumor yang paling umum mengatakan bahwa akan diumumkan tahun ini dengan rencana rilis pada akhir 2024 atau awal 2025.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast