Ilustrasi karakter "Tales of Zestiria" karya Mutsumi Inomata | Foto: Bandai Namco Entertainment

Ilustrator Seri "Tales of" Mutsumi Inomata Meninggal Dunia

Gaming 18 Mar 2024

Kabar duka datang dari industri game dan anime, Ilustrator dan desainer karakter Mutsumi Inomata dikabarkan meninggal dunia.

Kabar tersebut disampaikan oleh adik Mutsumi Inomata pada Senin (18/3) melalui unggahan berbentuk sebuah surat di akun resmi X/Twitter sang ilustrator.

Dalam surat tersebut, adik Mutsumi Inomata mengungkap bahwa kepergian dari ilustrator legendaris tersebut terjadi secara tiba-tiba. Mutsumi Inomata menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 63 tahun di hari Senin (10/3).

Penyebab kepergian sang ilustrator tidak disampaikan di dalam surat ini.

Semasa hidupnya, Mutsumi Inomata menorehkan namanya sebagai salah satu legenda di industri game dan anime dengan ilustrasi dan desain karakternya yang memberi hidup berbagai macam karya. Paling terkenal di antaranya dalah seri "Tales of".

Front Cover for Tales of Destiny (PlayStation)
Mutsumi Inomata melegenda berkat karyanya untuk seri game "Tales of" | Foto: MobyGames, Bandai Namco Entertainment

Mutsumi Inomata mulai bergabung dengan tim seri Tales di "Tales of Destiny" yang dirilis untuk konsol game PlayStation 1 pada 1997 silam sebagai desainer karakter dan ilustrator utama.

Karyanya membuat Mutsumi Inomata menjadi ilustrator utama pada game "Tales of" lainnya, di antaranya adalah "Tales of Eternia", "Tales of Rebirth", "Tales of Zestiria", dan "Tales of Berseria".

Kini nama seri "Tales of" memiliki pamor yang tidak bisa diremehkan di dunia game bergenre JRPG.

Akun X/Twitter resmi Tales of Jepang turut berbela sungkawa, menyebutkan bahwa karya Mutsumi Inomata akan terus bersinar di hati para penggemar.

Tag

Ibrahim Gustav Amany

Doujin music and light novel fan.