Akira Toriyama di masa muda (Foto: openlab.citytech.cuny.edu)

Pencipta Manga Dragon Ball Akira Toriyama Meninggal Dunia di Usia 68 Tahun

Pop Kultur 8 Mar 2024

Kabar berita duka hadir pada bulan Maret ini di industri manga dan anime Jepang, yaitu sosok Akira Toriyama yang menciptakan kisah seri manga dan anime seri Dragon Ball, telah meninggal dunia pada hari Jumat (01/03) waktu Jepang.

Akira Toriyama sendiri dikabarkan meninggal karena sakit pendarahan otak, tepatnya acute subdural hematoma.

"Kami sungguh bersedih untuk mengabarkan bahwa mangaka [kreator manga] Akira Toriyama telah meninggal dunia pada tanggal 1 Maret 2024 akibat penyakit [pendarahan otak]. Ia [meninggal] di umur 68 tahun," tulis pengumuman resmi di akun media sosial @DB_official_en pada platform X (sebelumnya bernama Twitter).

Sudah Aktif Lebih dari 45 Tahun Berkarya

Interview d'Akira Toriyama de 30 minutes dans le Salon de Tetsuko
Sosok Akira Toriyama di masa muda (Foto: db-z.com).

Berdasarkan pengumuman tersebut, sosok pencipta manga Dragon Ball ini sedang dalam proses pengerjaan suatu proyek, yang dikabarkan dikerjakan dengan penuh semangat oleh beliau.

Akun resmi Dragon Ball mengucapkan terima kasih kepada fans, pembaca, dan penonton di seluruh dunia karena berkat dukungan mereka semua, Akira Toriyama tetap konsisten berkarya selama total lebih dari 45 tahun.

Komikus Dragon Ball, Akira Toriyama Dapatkan Penghargaan Khusus dari Pemerintah Prancis
Hai, MedForians! Berita terbaru hadir dari komikus Dragon Ball, Akira Toriyama. Beliau dikabarkan mendapatkan penghargaan khusus dari pemerintah Prancis. Penghargaan khusus tersebut bernama Chevalier de l’Ordre des Arts et des Lettres (Knight of the Order of Arts and Letters) tersebut beliau terima pada 30 Mei lalu melalui perwakilan penerbit

Upacara pemakaman pun akan dilakukan secara tertutup, yang hanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat tertentu. Terdapat juga pesan bahwa Akira ingin tiada tanpa perlu perayaan, yang artinya dianjurkan untuk tidak perlu mengirimkan bunga, barang, uang, atau bentuk lainnya.

Untuk para media sendiri dianjurkan untuk tidak melakukan sesi interview kepada pihak keluarga, karena mereka semua lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan ketenangan.

Pengumuman ini diakhiri dengan tanda dari perusahaan in-universe Dragon Ball, yaitu Capsule Corporation Tokyo, dan juga studio buatan Akira Toriyama sendiri, yaitu Bird Studio.

Yu-Gi-Oh! World Championship 2024: Duelist Terbaik Berkumpul di Seattle, Amerika Serikat pada 7-8 September!
Saksikan Spektakulernya Pertarungan Duelist Terbaik Dunia di Seattle! Yu-Gi-Oh! World Championship 2024 akan menggebrak pada 7-8 September. Selengkapnya di mediaformasi.com

Mengenal Singkat tentang Dragon Ball,Cerita yang Memperkenalkan Jepang ke Seluruh Dunia

Siapa yang tidak tahu dengan manga atau anime Dragon Ball? 7 bola naga yang harus dikumpulkan, yang kamu tonton setiap Minggu pagi-siang di Indosiar atau platform lain (jika ada).

Jika kamu sudah cukup tua untuk mengalami hal tersebut, artinya kamu merupakan salah satu generasi yang bisa dikatakan cukup terpengaruhi oleh cerita super populer yang lintas benua dan bahasa ini.

Dragon Ball, dengan judul Jepang ドラゴンボール, ialah seri cerita yang dibuat oleh Akira Toriyama mulai dari tahun 1984 lalu. Berdasarkan sitasi dari Wikipedia, manga pertama yang juga digambar oleh beliau sendiri, sudah terbit dalam bentuk seri di platform manga Weekly Shounen Jump dengan durasi tayang 11 tahun, tepatnya 1984 hingga 1995 dan total sebanyak 519 chapters.

Seri Dragon Ball ini kemudian dibuat versi platform lainnya, mulai dari anime yang digarap oleh Toei Animation, tepatnya seri Dragon Ball yang tayang mulai tahun 1986-1989 dan Dragon Ball Z, yang bisa dikatakan sebagai kelanjutan atau "season 2" dari anime pertama tersebut, yang disiarkan bersamaan dari 1986 sampai tahun 1996.

Februari 2019, Dragon Ball Super: Broly Siap Tayang di Indonesia!
Hai, MedForians! Berita terbaru untuk MedForians pecinta serial Dragon Ball Super. Film terbarunya yang berjudul Dragon Ball Super: Broly bakal ditayangkan di jaringan bioskop CGV Cinemas pada Februari mendatang. Sebelum CGV Cinemas, 20th Century Fox sendiri sudah menayangkan video trailer dari film terbaru Dragon Ball Super: Broly. Film ini sendiri

Manga dan anime Dragon Ball menjadi salah satu cerita yang paling sering dijual, dibaca, dan ditonton di seluruh dunia, dengan total distribusi 40-80 negara yang mendapatkan siaran televisi atau salinan manga seri asal Jepang tersebut.

Bisa dikatakan bahwa Dragon Ball merupakan salah satu seri cerita yang memperkenalkan Jepang, dan industri kreatif negara tersebut, ke seluruh dunia. Seri ini sudah dimuat di berbagai macam berita, film, tulisan, dan masih banyak lagi, baik dalam bentuk satir, meme, referensi, dan lain-lain.

#MedForSquad turut berduka cita sedalam-dalamnya untuk Akira Toriyama.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast