Salah satu model SUV keluarga dari KIA, EV9 GT (Foto: Kia)

Dibekali Tenaga Lebih Besar, Kia EV9 GT Rilis Januari 2025

Otomotif 30 Apr 2024

Pabrikan mobil asal Korea Selatan, KIA, nampaknya sedang mempersiapkan model performa dari salah satu model SUV keluarga mereka, yakni KIA EV9.

Dilansir dari ArenaEV pada hari Selasa (30/4), tipe yang dipanggil EV9 GT ini akan dibekali dengan dua motor listrik, dengan performa akselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 4 detik.

CEO KIA sedang mengenalkan EV9 GT (Foto: Kia)

Selain mendapatkan perubahan di bagian penggerak, SUV ini juga diberikan upgrade di sektor kaki-kaki, seperti pada bagian suspensi yang diperkuat serta penyematan sistem rem otomatis agar lebih stabil dan terkontrol pada kecepatan tinggi.

Performa Setara Muscle Car

Menurut KIA, mereka mencoba menanamkan DNA ala muscle car yang dipadukan dengan siluet bodi SUV yang praktikal. Namun, dengan berat dan besar yang lumayan meningkat dibandingkan versi regulernya tersebut lah yang menjadi tantangan besar dari produsen ini.

Model SUV KIA EV9 versi setir kanan (Foto: Top Gear)

Seperti pada model performa lain dari KIA, terutama varian GT, SUV ini pun akan diberikan desain yang lebih agresif dibandingkan versi regulernya, dengan pilihan velg yang unik beserta styling lain yang berfokus kepada performa.

Model SUV ini menjadi pilihan terbaru sekaligus memperluas portfolio seri performa "GT" dari lini mobil elektrik mereka, yang dimulai dari EV6 GT. KIA juga menekankan handling dan kesenangan dalam mengemudi akan ditingkatkan, tak hanya soal akselerasinya.

Interior dari KIA EV9 (Foto: Top Gear)

Belum ada kepastian akan harga yang akan diusung, namun dapat dipastikan SUV ini menggantikan tipe GT-Line mereka sebagai tipe tertinggi, yang dijual di Amerika Serikat dimulai dari $56.000 (setara Rp908 Juta). SUV KIA EV9 GT ini akan dipasarkan pada Januari 2025.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.