Ilustrasi Meta Horizon OS (Foto: Meta)

Horizon OS Diperkenalkan, Sistem Operasi Dari Meta untuk Virtual Reality

Teknologi 24 Apr 2024

Perusahaan induk Facebook yang dimiliki oleh Mark Zuckerberg, Meta mengumumkan pada Senin (22/04) lalu bahwa mereka telah merilis sistem operasi baru khusus untuk platform Virtual Reality (VR), Alternate Reality (AR), dan Mixed Reality (XR) bernama Horizon OS.

Meta Horizon OS merupakan sebuah sistem operasi yang telah dikembangkan oleh tim Meta selama satu dekade terakhir. Sistem operasi ini akan diberikan kepada perusahaan perangkat keras ternama untuk mengembangkan headset mereka sendiri.

Meta Horizon OS

Dengan berkembangnya pasar Mixed Reality dan naiknya popularitas akan penggunanya di bidang gaming, hiburan, produktifitas, dan kehadiran sosial di dunia virtual, muncul sebuah peluang untuk membuat perangkat keras baru.

Tiga perusahaan yang sudah mulai mengembangkan perangkat keras baru dengan menggunakan Meta Horizon OS, siapa saja mereka?

ASUS Republic of Gamers (ASUS ROG)

ASUS ROG sebagai perusahaan untuk perangkat keras gaming terdepan akan mengembangkan sebuah VR headset gaming performa tinggi terbaru menggunakan Meta Horizon OS.

Lenovo

Lenovo akan mengembangkan sebuah XR headset baru yang bertujuan untuk membantu dalam produktifitas, pembelajaran, dan juga hiburan.

Xbox

Xbox sebelumnya sudah pernah bekerja dengan Meta dalam mengembangkan Xbox Cloud Gaming mereka ke dalam Meta Quest, sekarang mereka kembali lagi untuk mengembangkan Meta Quest edisi terbatas yang terinspirasi oleh Xbox.

Apakah Ini Kelanjutan dari Metaverse?

Dengan diberikannya akses penuh ke Meta Horizon OS, semua headset VR yang beroperasi dengan Horizon OS akan tergabung pada ekosistem yang sama. Hal ini dapat membuat developer lebih mudah untuk mengembangkan program VR, dan juga konsumen akan memiliki pilihan lebih luas untuk memilih headset VR di pasaran.

“Tujuan kami adalah menjadikannya model terbuka yang kembali mendefinisikan komputasi generasi berikutnya, dengan metaverse, kacamata, dan headset. Itulah sebabnya kami merilis sistem operasi kami, sehingga lebih banyak perusahaan dapat membangun hal-hal berbeda di dalamnya.” ucap Zuckerberg.

Dengan diluncurkannya Horizon OS, Meta juga mengganti nama Meta Quest Store menjadi Meta Horizon Store. selain itu juga kedepannya nanti Meta juga akan membuka jalan untuk pengguna Meta Quest dapat mengakses Steam, Xbox, dan Google Play secara langsung.

Tag

Caesarion Mikhael Balthazar

Nerding out a lot of stuff.