Potret model fashion (Foto : BINUS Media & Publishing)

Intip 7 Peluang Karier Lulusan Fashion Berikut!

Teknologi 16 Apr 2024

Lulusan jurusan fashion jadi apa sih? Intip peluang karier lulusan fashion berikut!

Jurusan fashion mungkin bukan jurusan yang banyak dipilih orang Indonesia. Namun, tahukah kamu, sebenarnya ada banyak peluang karier yang bisa dimiliki seseorang dengan gelar di bidang fesyen.

Terlebih di Indonesia sendiri dengan penduduk yang sangat banyak, industri modenya berkembang dengan sangat pesat.

Sama seperti makanan, pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh manusia. Oleh karena itu, peluang karier bagi pelaku industri fesyen akan selalu terbuka. Penasaran? Simak ulasan 7 peluang karier lulusan fashion berikut!

Desainer Mode

Desainer mode adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menciptakan konsep dan desain dari pakaian dan juga aksesori.

Mereka mengembangkan koleksi mode untuk brand mereka sendiri, label mode terkenal, atau menghasilkan desain untuk produksi massal. Desainer mode juga dapat bekerja sebagai pekerja lepas atau memulai label mereka sendiri.

Stylist atau Penata Busana

Sebagai seorang penata busana, kamu punya tanggung jawab untuk menyusun dan mengoordinasikan pakaian dan aksesori untuk sesi foto, acara khusus, atau penampilan publik selebriti atau model.

Kamu punya kewenangan untuk memilih pakaian yang sesuai dengan gaya dan tema yang diinginkan.

Tidak hanya sebagai penata busana pribadi, kamu juga bisa bekerja untuk majalah, label ternama, atau untuk event. Seorang penata busana akan mempertimbangkan tidak hanya kesesuaian dresscode, tetapi juga karakter atau kesan yang ingin ditonjolkan.

Merchandiser

Seorang merchandiser fashion bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengelola inventaris produk fashion dalam toko ritel atau departemen. Mereka menganalisis tren pasar, mengembangkan strategi penjualan, dan memastikan produk tersedia dan menarik bagi pelanggan.

Manajer Produksi

Tugas manajer produksi fashion adalah untuk mengawasi proses produksi pakaian dari awal hingga akhir. Mereka bertanggung jawab untuk mengoordinasikan produksi, memastikan kualitas produk, memenuhi jadwal produksi, dan mengelola tim produksi. 

Pengetahuan mengenai industri fesyen dan kualitas produk fesyen tentunya mutlak diperlukan oleh seorang manajer produksi. Oleh sebab itu, gelar di bidang fashion terutama fashion management akan sangat diperlukan.

Manajer Brand atau Brand Strategist

Manajer brand fashion mengembangkan strategi branding untuk merek mode.

Jika kamu bekerja sebagai brand strategist sebuah label fesyen, kamu akan merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran, promosi produk, dan acara merek untuk membangun kesadaran merek dan menghasilkan penjualan terbaik dari brand yang kamu pegang.

Jurnalis Fesyen

Majalah fesyen memiliki peran penting di industri fesyen sejak dulu. Majalah fesyen mempunyai pengaruh untuk membentuk opini dan bahkan bisa memengaruhi tren dengan konten mereka. 

Dalam hal ini, seorang penulis atau jurnalis fashion bertugas untuk menulis artikel, ulasan, atau konten lainnya tentang tren mode, desainer, acara fashion, atau aspek lain dari industri mode. Tidak hanya dapat bekerja untuk majalah mode, tetapi juga bisa untuk situs web, blog, atau publikasi lainnya.

Pembuat Pola

Pembuat pola mempunyai tugas membuat pola untuk kebutuhan fesyen dalam bentuk kertas atau kain. Seorang pembuat pola bisa bekerja sama dengan desainer mode yang membuat sketsa atau gaya dari pakaian yang ingin mereka buat. 

Dalam beberapa kasus, seorang desainer mode mungkin punya beberapa ide pola di kepala mereka, sementara di hari lain mereka hanya memaparkan ide umum yang dimilikinya. Tugas seorang pembuat polalah menangkap informasi ini untuk kemudian dibuat polanya.

Nah itu dia 7 peluang karier yang bisa dipilih seorang lulusan fashion. Sangat beragam, bukan? Buat kamu yang tertarik menggeluti bidang fesyen, kamu bisa memilih program Fashion yang terdapat di BINUS @Alam Sutera.

Apalagi sekarang di BINUS University, 2,5 Tahun kuliah bisa langsung gapai kariermu, sehingga kamu juga bisa membekali diri kamu dengan mulai lebih awal menentukan kariermu dengan enrichment program yang akan dijalani mahasiswa dengan memilih salah satu dari tujuh track yang tersedia.

Hal ini terdiri dari internship, entrepreneurship, research, community development, study abroad, further study, dan specific independent study.

Program tersebut adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin terjun ke dunia fesyen karena telah terakreditasi unggul dan memiliki pengajar serta fasilitas yang mumpuni. Ada juga beasiswa hingga 100% lo untuk kamu yang membutuhkan bantuan pembiayaan.

Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai jurusan fesyen tersebut, kamu bisa cek di sini.  Semoga bermanfaat!

Tentang BINUS Media & Publishing

Tentang BINUS UNIVERSITY

BINUS UNIVERSITY merupakan Perguruan Tinggi Indonesia berkualitas global yang telah terakreditasi Unggul dari BAN-PT dan mendapat pengakuan dari lembaga pemeringkatan dunia seperti QS (Quacquarelli Symmonds) dan Times Higher Educations.

Dengan pengalaman selama 42 tahun membina Nusantara melalui pendidikan, BINUS UNIVERSITY memiliki visi utama, yakni sebagai “A World-class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation.”

BINUS UNIVERSITY memiliki 12 kampus yang tersebar di beberapa kota di Indonesia yang terdiri dari 6 kampus di Jakarta, 2 kampus di Tangerang, 1 kampus di Bekasi, 1 kampus di Bandung, 1 kampus di Malang, dan 1 Kampus di Semarang. Selain itu BINUS juga memiliki Online Campus yang menyediakan layanan pendidikan jarak jauh.

BINUS UNIVERSITY berkomitmen 2 dari 3 lulusan BINUS UNIVERSITY bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur.

Tidak hanya membekali mahasiswa dengan pengalaman belajar di kampus, mahasiswa juga diberikan pengalaman langsung di dunia industri. Komitmen ini diwujudkan melalui Program (2+1)+1.

Program (2+1)+1 ditujukan bagi mahasiswa yang ingin merasakan pengalaman belajar multi-kampus dengan konsep belajar selama dua tahun di kampus asal, 1 tahun di kampus BINUS di kota lain;

serta 1 tahun mengambil 1 dari 7 track Enrichment yang disediakan, yaitu: Internship, Community Development, Research, Start-Up Business, atau Study Abroad (kuliah di luar negeri), serta Further Study untuk beberapa program studi tertentu, serta specific independent study.

Tentang Fashion Program

Fashion program di BINUS UNIVERSITY telah berdiri sejak 2010 berawal dari hasil kolaborasi antara BINUS UNIVERSITY INTERNATIONAL dan Northumbria University, Newcastle, Inggris.

Lalu per tahun ajaran 2024/2025 Fashion program hadir di BINUS @Alam Sutera dengan cita-cita dan semangat yang sama yaitu untuk menjadi sekolah Fashion terbaik di Indonesia, Fashion program terus mengupayakan menghasilkan tenaga profesional terampil yang mampu memecahkan masalah di bidang nya.

Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar yang efektif, BINUS UNIVERSITY menyediakan fasilitas studio yang sangat baik, termasuk ruang kerja produksi garmen, ruang eksperimen tekstil (batik, tenun, sablon dan rajut), laboratorium komputer, dan studio fotografi.

Fashion Program menyediakan rencana studi personal yang fleksibel berdasarkan kebutuhan mahasiswa, didukung melalui program perkuliahan (2+1+1) dimana dalam 2,5 tahun kuliah mahasiswa di siapkan menggapai karier dan peluang Dual Degree (S.Ds. & BA with Hons.).

Selain itu mahasiswa dapat memilih peminatan Fashion Design atau Fashion Retail Management, yang memberikan kesempatan untuk mendalami praktik fashion dan bekerja dalam industri fashion sesungguhnya.

Fashion Program BINUS University juga mengutamakan pengalaman praktis, proyek kolaboratif dengan profesional, dan mempersiapkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan mempersiapkan karier mereka.

Artikel berikut merupakan rilisan pers dari VRITIMES. Isi tayangan juga dapat dibaca di sini

Tag

VRITIMES

VRITIMES adalah perusahaan yang menghubungkan platform dan media dengan konten rilisan pers aktual, cepat, dan terpercaya.