Teaser dari event terbaru Apple (Foto: Apple)

"Everything Apple" : Lini iPad Terbaru dan Segudang Aksesoris Memukau Resmi Diumumkan

Teknologi 8 Mei 2024

Dari lini iPad terbaru, aksesoris Apple Pencil "Pro" hingga debut dari chipset terbaru Apple, yaitu seri M4

Pada event yang disiarkan hari ini, Selasa (7/5) malam waktu Indonesia, produsen gawai ternama Apple baru saja mengumumkan lini tablet terbaru andalan mereka, iPad Air dan Pro, serta berbagai macam aksesori untuk produk tersebut.

Dalam event yang menurut CEO Apple, Tim Cook akan menjadi "event terbesar iPad semenjak diluncurkan pertama kali", produsen ini merilis produk baru yang termasuk dalam lini keluarga iPad, seperti iPad Air, iPad Pro dengan layar OLED, hingga aksesoris seperti Apple Pencil Pro dan Magic Keyboard terbaru.

Melansir dari ZDnet, event ini dimulai dengan CEO Apple, Tim Cook membawakan narasi tentang Apple Vision Pro yang mempengaruhi bidang kesehatan, ritel, dan film di Amerika, hingga Macbook Air yang menjadi laptop dengan penjualan terbaik dalam segmen 13 hingga 15 inchi, dilanjutkan dengan penjelasan tentang iPad serta berbagai aksesorisnya.

Lini iPad Pro Terbaru, Ditenagai Chip M4 dan Layar OLED

Salah satu lini produk yang diumumkan pada event yang berlangsung selama 35 menit ini, ialah iPad Pro seri 2024.

Lini iPad Pro terbaru bertenaga chip M4 (Foto: Apple)

Seri tablet ini pun menjadi debut perdana dari chip M4, dimana sebelumnya dirumorkan ditenagai M3 seperti saudaranya seri Mac, chip ini diklaim Apple memiliki performa yang setara dengan M2 namun dengan konsumsi daya hingga setengahnya.

Chip ini juga memiliki 16-inti Neural engine yang dapat menghasilkan hingga 38 TOPS, yang didekasikan untuk program AI. Dengan spesifikasi CPU 10-inti dan GPU 10-inti, diklaim Apple sebagai peningkatan 4 kali lipat dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang ditenagai chip M2.

Ditandemkan dengan layar berteknologi OLED dengan nama "Ultra Retina XDR", layar ini diklaim Apple sebagai peningkatan dari seri sebelumnya, memanjakan pengguna dengan tingkat kehitaman yang lebih pekat dan kecerahan yang tinggi.

Seperti generasi sebelumnya, lini iPad Pro ini tersedia dalam dua ukuran, yakni 11 dan 13 inchi. Dengan ketebalan berkisar dari 5.1 hingga 5.3 mm, membuat tablet ini lebih ramping, bahkan dibandingkan iPod Nano sekalipun.

Rombakan Juga Terjadi Di Lini iPad Air

Sama seperti seri Pro-nya, seri Air juga tersedia dalam ukuran 11 dan 13 inchi, dimana ukuran 13 inchi menjadi model perdana dalam lini iPad ini.

Lini iPad Air terbaru, kini tersedia dalam ukuran 13 inchi (Foto: Apple)

Kedua model iPad Air ini juga mendapatkan fitur Center Stage, dengan kamera depan yang sama seperti iPad Pro. Dikutip Apple, meskipun kedua model iPad Air ini memiliki speaker stereo dengan fitur audio spasial, model dengan layar yang lebih besar memiliki bass yang lebih besar.

Model iPad Air ini akan ditenagai oleh chip M2, tidak seperti kakaknya pada lini Pro. Namun, Apple akan menjanjikan peningkatan performa hingga 50% dari lini M1 dan 3x lipat dari seri A13 Bionic. Selain itu, terdapat dukungan hover yang dimiliki oleh Apple Pencil serta edit foto dengan AI dengan hanya tap sekali di layar.

Berbagai Aksesoris Baru Ikut Diumumkan

Tidak lengkap peluncuran tablet baru tanpa adanya dukungan aksesorisnya. Maka dalam peluncuran ini, Apple pun mengumumkan lini Apple Pencil mereka yang dinamai Apple Pencil Pro.

Apple Pencil Pro (Foto: Apple)

Fitur utama yang digaungkan oleh pensil digital Apple ini ialah dukungan gyro, dimana pengguna dapat merubah orientasi dari brush atau ketika pengguna memutar obyek, dapat dilakukan hanya dengan memutar pensil. Selain itu, pengguna dapat membuka menu seperti tool palet warna, dan memilih item secara natural dengan fitur haptic feedback yang dimiliki Apple Pencil Pro ini.

Selain Apple Pencil Pro, produsen ini juga merilis seri Apple Keyboard terbaru yang didesain ulang, dengan bahan aluminium dan tampilan terbaru membuat lini iPad lebih terlihat seperti laptop pada umumnya ketimbang perangkat tablet dengan tambahan case keyboard.

Magic Keyboard terbaru, yang dirilis bersamaan dengan lini iPad (Foto: Apple)

Lini iPad Pro dan iPad Air ini dapat dipesan secara preorder pada website Apple, dengan kisaran harga iPad Air dimulai dari $599 (sekitar Rp9,6 juta) untuk ukuran 11 inchi hingga $799 (sekitar Rp12,85 juta) untuk ukuran 13 inchi. Sedangkan untuk model iPad Pro OLED dimulai dari $999 (sekitar Rp16,02 juta) untuk ukuran 11 inchi hingga $1299 (sekitar Rp20,83 juta) untuk ukuran 13 inchi.

Untuk aksesoris seperti Apple Pencil Pro dikenakan biaya mulai dari $129 (sekitar 2,06 juta), sedangkan Magic Keyboard dipatok mulai $299 (sekitar Rp4,79 juta) untuk model 11 inchi, hingga $349 (sekitar Rp5,59 juta) untuk model 13 inchi.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.