Potret cosplayer yang berfoto bersama di atas panggung (Sumber: Istimewa)

[Liputan] Inilah Keseruan Haru Matsuri di Megamall Batam Centre, Hadirkan Zhuge Kamiya Sebagai Juri!

Pop Kultur 13 Mei 2024

Hai, MedForians!

Haru Matsuri digelar sejak tanggal 11 hingga 12 Mei kemarin di Megamall Batam Centre, dengan menggelar sejumlah agenda. Diantaranya, lomba mewarnai tingkat SD, SMP, SMA, dan umum, serta pertandingan gim Tekken 8, yang digelar pada tanggal 11, dan di esok harinya, ada kompetisi cosplay performance, sebagai bagian dari preliminary stage Indonesia Cosplay League 2024 tingkat Kota Batam, dilanjutkan dengan kompetisi coswalk, yang diikuti oleh lebih dari 50 peserta.

Kedatangan Juri Asal Jakarta

Hadir sebagai juri cosplay performance yaitu Zhuge Kamiya dari Jakarta, yang merupakan perwakilan Indonesia pertama, di ajang World Cosplay Summit 2012 lalu. Pria yang akrab disapa Mang Zhuge ini sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun sebagai cosplayer, dan saat ini juga memegang berbagai event di ibukota dan sekitarnya.

Lhya/Summerchan (kiri) dan Zhuge (kanan) sedang memberi komentar pasca penampilan salah satu tim (Sumber: Istimewa)

Mang Zhuge juga didampingi oleh Lhya “Summerchan” sebagai juri performance. Perempuan yang akrab disapa Neng Lhya ini sendiri juga merupakan cosplayer senior asli Batam, founder dari komunitas Cosplay Batam yang merupakan komunitas cosplayer terbesar di Bandar Dunia Madani ini.

Ada 6 tim yang bersaing untuk memperebutkan 1 tiket menuju Grand Final ICL 2024 di Jakarta nanti. Hampir semua tim berasal dari Batam, dan hanya 1 tim yang hadir dari luar Batam, yakni dari Pekanbaru. Masing-masing tim juga sudah mempersiapkan diri untuk tampil secara maksimal, bahkan pada h-1 juga sudah melakukan gladi bersih di lokasi acara.

Semua tim menampilkan aksi terbaik mereka, untuk membuat juri dan penonton terpukau dengan penampilan mereka, yang selaras dengan visual yang jadi latar lakon mereka. Mereka seolah menguasai prop, dan arena panggung tempat mereka beraksi.

Penampilan tim H.RAM yang berperan sebagai Obito dan Kakashi dari seri anime Naruto (Sumber: Istimewa)

Selepas mereka tampil, mereka mendapat komentar berupa masukan dan saran dari kedua juri. Diharapkan dengan adanya komentar yang membangun dari kedua juri, peserta dapat berkembang lebih baik lagi, semisal ada kompetisi serupa di masa mendatang.

Potret panorama seluruh cosplayer yang hadir di Haru Matsuri (Sumber: Istimewa)
Potret cosplayer yang berkumpul di atas panggung untuk berfoto bersama dewan juri (Sumber: Istimewa)

Selepas seluruh tim tampil, semua cosplayer berkumpul untuk berfoto bersama di atas panggung. Kemudian acara dilanjutkan dengan kompetisi coswalk, dimana Yuiimaruu bertindak sebagai juri, peserta mendapat kesempatan menunjukkan aksi mereka melenggak-lenggok di atas panggung selama 30 detik hingga 1 menit.

Yuiimaruu, juri coswalk sedang memberi arahan (Sumber: Istimewa)

Setelah kompetisi coswalk berakhir, tiba waktunya pengumuman juara, dari juara 3 hingga 1, yang bakal mendapatkan piala, piagam, serta uang pembinaan. Khusus juara 1 juga mendapat gelar sebagai Grand Finalist ICL tingkat Batam, yang akan diterbangkan ke Jakarta, untuk mengikuti babak akhir pada ajang ICL 2024. Nantinya jika menang di ICL tingkat nasional, maka akan diterbangkan ke Korea Selatan, untuk mengikuti Gyeonggi International Cosplay Festival, atau GICOF, dan berhadapan dengan peserta dari 15 negara.

Juara ketiga diraih oleh tim H.RAM, yang menampilkan pertarungan antara Kakashi melawan Obito dari seri Naruto. Kemudian di tempat kedua diraih oleh tim Pandawa, yang menampilkan pertarungan dari seri Boku no Hero Academia. Juara satu dan sekaligus mendapat tempat di babak Grand Final ICL 2024 di Jakarta diraih oleh tim Lunar Lullaby, yang menampilkan konflik antara Elsa dan Anna dari film Frozen.

Para tim yang juara berfoto bersama dewan juri (Sumber: Istimewa)

Kedua dewan juri memberikan piala, piagam, dan ucapan selamat kepada kesemua peraih juara. Semua tim juga saling mengucapkan selamat kepada satu sama lain. Dengan demikian, maka rangkaian Haru Matsuri yang berlangsung selama 2 hari berakhir.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.