Peugeot 5008. (Sumber: Motor1.com)

Peugeot Hentikan Penjualan Mobil di Indonesia, Kenapa?

Otomotif 5 Mei 2024

Peugeot resmi hentikan penjualan mobil di Indonesia mulai hari Kamis (2/5) sesuai arahan dari Stellantis sebagai langkah strategis untuk mengembangkan bisnis Peugeot di ASEAN.

Hal ini disampaikan oleh Pemimpin Eksekutif PT Astra International Tbk - Peugeot Sales Operation, Rokky Irvayandi, saat berkomunikasi dengan ANTARA.

Stellantis merupakan produsen otomotif yang memproduksi mobil merek Barat seperti Peugeot, Citroen, Dodge, Chrysler, dan Fiat.

PT Astra International Tbk merupakan importir tunggal Peugeot di Indonesia sejak tahun 1972.

Peugeot 5008 di depan Dealer Astra Peugeot BSD. (Sumber: ototrend.com)

Sebelumnya, DealerOto melaporkan bahwa dealer Astra Peugeot cabang BSD tutup permanen sejak bulan Maret lalu, dengan alasan jumlah unit servis yang sedikit. Saat ini, tersisa empat dealer Peugeot di Indonesia, yaitu di Sunter, Cilandak, Surabaya, dan Solo.

Tetap Menjaga Layanan Purna Jual

Keluarnya Peugeot dari Indonesia mengundang kekhawatiran tentang keberlanjutan layanan purna jual atau aftersales bagi para pengguna. Kabar baiknya, Rokky memastikan bahwa layanan aftersales seperti servis dan perbaikan tetap akan berjalan. "Untuk layanan aftersales, Astra sebagai Authorized Peugeot Service Center tetap berkomitmen memberikan layanan purna jual termasuk perawatan, perbaikan kendaraan, klaim warranty hingga jaminan ketersediaan sparepart seperti biasanya dengan level pelayanan yang sama seperti sebelumnya, di 4 bengkel resmi Peugeot," kata Rokky sebagaimana dikutip dari CNBC.

Minim Penjualan

Penjualan mobil Peugeot di Indonesia hanya mencapai beberapa ratus tiap tahun, mengalahkan 6 merek lainnya yaitu Neta, Audi, Seres, Tata, dan Citroen.

Pada tahun 2023, Peugeot tercatat hanya menjual 199 unit mobil. Ini jauh lebih sedikit daripada tahun 2022, saat Peugeot berhasil menjual 451 unit. Sedangkan, penjualan di kuartal pertama dari Januari sampai Maret 2024 mencapai 28 unit saja.

Mengambil data dari GridOto, jika ditarik hingga 5 tahun ke belakang, Peugeot menjual 265 unit pada tahun 2021, 212 unit pada tahun 2020, dan 129 unit pada tahun 2019.

Berarti, dari tahun 2019 sampai 2023 Peugeot hanya menjual 1.256 unit mobil di Indonesia.

Banyak Saingan

Menurut situs Astra Peugeot per 4 Mei 2024, mobil Peugeot yang dijual di Indonesia adalah model 2008, 3008, dan 5008. Ketiga mobil tersebut termasuk dalam kategori SUV.

Namun, sudah banyak SUV yang laku di Indonesia seperti Toyota Rush, Mitsubishi Xpander, Daihatsu Terios, dan Suzuki XL7, yang angka penjualannya mencapai puluhan ribu tahun lalu.

Pendatang baru Hyundai juga terbilang sukses pada tahun 2023, dengan penjualan IONIQ 5 sebanyak 7.000 unit serta Stargazer sekitar 12.000 unit.

Tag

Aqila Shafa Arimurti

Pianis, gitaris, bassist, komposer musik gim, fotografer, dan content writer.