Konsol handheld Nintendo, Nintendo Switch (Foto: Nintendo)

Suksesor Nintendo Switch Dikonfirmasi akan Rilis 2025

Gaming 8 Mei 2024

Untuk pada MedForians yang merupakan casual gamer, salah satu konsol yang menjadi pilihan ialah Nintendo Switch.

Konsol yang hampir menginjak satu dekade ini, dirilis pada tahun 2015 dan langsung menjadi primadona baik dari fans Nintendo, maupun gamer yang memiliki mobilitas tinggi, namun ingin memainkan beberapa gim untuk sekedar melepas penat.

Refresh dari konsol Nintendo Switch, dengan layar OLED (Foto: Nintendo)

Meskipun secara hardware cukup tertinggal dari para pesaingnya seperti Xbox maupun Playstation, berkat bentuknya yang portabel dan kapasitas baterai yang terbilang cukup untuk memainkan gim, membuat kehadirannya menjadi pelopor dalam segi handheld dan memunculkan beberapa pemain baru, seperti Steam Deck dan ROG Ally.

Akan Dirilis Ketika Tepat 10 Tahun

Bagi MedForians yang telah menunggu lama akan kehadiran sang suksesor, dapat berbahagia. Pasalnya, penerus dari konsol ikonik ini kabarnya akan dirilis oleh Nintendo pada tahun depan!

Mengutip dari Nintendo via TheVerge, pada laporan fiskal tahunan perusahaannya, Presiden Nintendo, Shuntaro Furukawa menyatakan bahwa penerus konsol Switch akan dirilis selambatnya pada tanggal 31 Maret 2025, seperti yang ditulis pada akun Twitter (X) nya.

Pernyataan Presiden Nintendo akan penerus dari konsol Switch

Pembaruan Hardware yang Signifikan

Soal spesifikasi, nampaknya perusahaan masih menutup rapat soal chipset dan performa dari konsol ini.

Namun, menurut rumor yang beredar, nampaknya konsol ini akan menjadi pesaing serius dari Xbox Series S, dengan tetap menggunakan mode "rendah daya" ketika dicopot dari docknya, seperti dikutip dari Wccftech.

Salah satu pesaing dari Nintendo Switch, Steam Deck OLED dari Valve (Foto: Techcodex)

Dengan basis chip Nvidia terbaru, selain membawa spesifikasi yang lebih kencang, konsol baru ini juga akan mendapatkan dukungan ray-tracing serta segudang fitur andalan seperti DLSS, untuk meningkatkan visual lebih jauh lagi tanpa menyita performa yang berarti.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.