Sumber foto: https://www.facebook.com/DikalaAndaMenontonTV

ADiTV Berhenti Operasional Awal Juni 2024, Ini Respon PWI Sleman

Media 1 Jun 2024

Kabar duka datang dari dunia penyiaran lokal. Salah satu media tv lokal asal Yogyakarta, AdiTV berhenti operasional per 1 Juni 2024. Mereka menyiarkan siaran terakhirnya per Jumat (31/5) pukul 20.15 wib kemarin.

Kabar tersebut diketahui dari salah satu laman Fanspage Facebook Dikala anda M e n o n t o n TV 3.0. Dikabarkan bahwa perusahaan yang memulai debut siarannya sejak 18 Juli 2009 silam itu berhenti beroperasional dikarenakan masalah finansial yang menimpa perusahaan.

Respon keprihatinan PWI Sleman

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sleman menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas berhentinya operasional stasiun televisi ADITV.

Dikutip dari Beritajogja dan Harian Jogja, Sabtu (1/6), Ketua PWI Sleman Wisnu Wardhana mengungkapkan bahwa keputusan tersebut tentu membawa dampak yang signifikan, terutama bagi para karyawan dan wartawan yang selama ini telah berdedikasi dalam menjalankan tugas jurnalistik dan menginformasikannya kepada masyarakat Yogyakarta dan sekitar.

Beliau juga menyatakan bahwa penghentian operasional ADiTV merupakan kehilangan besar bagi dunia media di Yogyakarta, khususnya bagi masyarakat yang telah setia mengikuti program-program yang disajikan ADiTV.

"ADITV telah menjadi salah satu sumber informasi yang kredibel dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Sleman. Berhentinya
stasiun televisi ini tentunya meninggalkan kekosongan yang akan dirasakan oleh banyak pihak," ujar Wisnu Wardhana.

Ia mengapresiasi ADiTV yang sudah menjalankan fungsi jurnalistik dan fungsi sebagai lembaga penyiaran dengan baik.

Dirinya mewakili PWI Kabupaten Sleman juga menyampaikan simpati yang mendalam kepada seluruh karyawan ADiTV, terutama para wartawan yang harus berhenti bekerja akibat keputusan ini.

"Kami sangat memahami betapa sulitnya situasi ini bagi rekan-rekan wartawan. Kami berharap agar mereka tetap tabah dan terus
semangat dalam menghadapi tantangan ini. PWI Kabupaten Sleman siap memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan," tambahnya.

Dalam situasi yang penuh tantangan ini, PWI Kabupaten Sleman berharap agar seluruh pihak, termasuk perusahaan media lainnya, dapat memberikan kesempatan kepada para mantan karyawan ADITV untuk
terus berkarya di bidang jurnalistik.

"Kami mengajak semua stakeholder di industri media untuk bersama-
sama mencari solusi terbaik bagi rekan-rekan yang terdampak, agar mereka dapat segera bangkit dan melanjutkan karier mereka," tegas Ketua PWI Sleman ini.

PWI Kabupaten Sleman berkomitmen untuk terus memperjuangkan hak-hak wartawan dan meningkatkan profesionalisme di bidang jurnalistik.

"Kami berharap agar kejadian seperti ini tidak terulang di masa depan dan industri media dapat terus berkembang dengan baik, memberikan informasi yang berkualitas bagi masyarakat," pungkas beliau.

Sejarah ADiTV

Mengutip dari Wikipedia, ADiTV adalah sebuah stasiun televisi lokal yang berbasis di Yogyakarta dengan siaran bernuansa Islam. Stasiun televisi ini bermarkas di Jl. Raya Tajem Km 3 Sleman, Yogyakarta.

Berawal sebagai televisi komunitas yang dimiliki oleh Universitas Ahmad Dahlan, tetapi kemudian berkembang menjadi televisi lokal di Yogyakarta. ADiTV dimiliki oleh PT Arah Dunia Televisi, yang terafiliasi dengan Muhammadiyah dan Yayasan Budi Mulia Dua.

ADiTV diluncurkan pada tanggal 18 Juli 2009, bertepatan dengan pelaksanaan Muktammar Muhammadiyah 2009. ADiTV sendiri didirikan sebagai hasil amanat Muktammar Muhammadiyah pada tahun 1995.

Dipilihnya Jogja sebagai basis ADiTV karena kota ini memiliki imej dan tempat yang khusus bagi Indonesia sebagai daerah istimewa. Dengan atmosfer pendidikan dan budaya yang masih kental, televisi ini dipastikan akan berkembang dengan baik ke depannya.

Format program ADiTV adalah informasi, edukasi dan budaya lokal yang disajikan dalam bentuk hiburan yang bermaksud untuk menjangkau pemirsa dari segala usia. ADiTV mempunyai no izin prinsip siaran 96/KEP/M.KOMINFO/3/2009. Stasiun televisi ini sebelumnya merupakan anggota jaringan City TV Network.

Tag

Visio

Hanya seorang eks budak korporat yang menyukai game, manga, anime.