ASUS Pamerkan Berbagai Hardware PC Terbaru Mereka di Ajang Computex 2024

Teknologi 11 Jun 2024

Selain memamerkan berbagai macam komputer server dan IoT pada ajang Computex 2024 yang berlangsung pada tanggal 4 hingga 7 Juni 2024 lalu, ASUS juga tak lupa mengumumkan konsep-konsep inovatif sekaligus desain terbaru seperti PC AI, prototipe motherboard AMD dan Intel, serta pendingin CPU untuk lini mainstream mereka.

Hardware yang dipersiapkan untuk PC AI

Dengan maraknya aplikasi dan fitur inovatif berbasis AI yang tersedia saat ini, para enthusiast PC di seluruh dunia masih mencari kombinasi hardware yang pas untuk menjalankan berbagai program AI di PC mereka secara lokal, tanpa harus bergantung ke sistem cloud seperti yang dipakai di berbagai program AI sekarang ini.

Pada tiga generasi GPU kebelakang, NVIDIA® telah menghadirkan kemampuan AI melalui tensor core pada lini GPU GeForce RTX™ mereka.

Kemampuan akselerasi AI tersebut juga dapat digunakan pada GPU GeForce RTX 40 series terbaru, mulai dari ASUS Dual GeForce RTX 4060 yang terjangkau hingga ROG Strix GeForce RTX 4090 bagi pengguna yang menginginkan pengalaman terbaik.

Selain pada seri NVIDIA, ASUS juga tak luput mengeluarkan kartu grafis AMD Radeon RX 6000 series atau 7000 seri yang siap digunakan untuk menunjang pengalaman AI pengguna.

Merakit PC Semakin Mudah Dengan Bantuan AI

ASUS juga memperkenalkan ASUS AI BuildNavigator, sebuah tool berbasis AI yang memandu proses perakitan PC.

Program ini membantu pengguna memilih komponen, memeriksa kompatibilitas, dan memberikan panduan instalasi secara otomatis, membuat proses perakitan menjadi lebih mudah dan efisien, mulai dari meminta bantuan saat memilih komponen hingga mencari alternatif dari komponen yang diinginkan.

Nantinya, ASUS AI BuildNavigator akan memberikan saran berdasarkan parameter yang diberikan pengguna. Sepanjang proses ini, ASUS AI BuildNavigator akan memeriksa kompatibilitas komponen-komponen ini secara otomatis. Selanjutnya, ASUS AI BuildNavigator memberikan masukan jika motherboard pengguna tidak cocok dengan chassis yang dipilih, misalnya. 

Ketika saatnya merakit, ASUS AI BuildNavigator akan memandu pengguna dengan menampilkan informasi penting dari dokumen yang relevan, sehingga pengguna tidak perlu lagi membuka buku manual.

Pamerkan Lini Motherboard Baru

Pada Computex 2024, ASUS memamerkan motherboard BTF ROG Maximus Hero BTF generasi terbaru. Motherboard yang akan kompatibel dengan prosesor Intel generasi terbaru seperti lini Arrow Lake ini akan tersedia di paruh kedua tahun 2024.

Sebagai motherboard BTF, semua konektornya tersembunyi di bagian belakang board untuk memastikan kabel dan kawat tidak terlihat. Motherboard ini dibekali slot kartu grafis berdaya tinggi sehingga pengguna dapat memasang kartu grafis BTF seperti ROG Strix GeForce RTX 4090 BTF.

Motherboard ini juga memiliki fitur ASUS terbaru seperti PCIe Slot Q-Release Slim untuk menyederhanakan proses pembuatan PC. Dengan mekanisme ini, pengguna tidak perlu melepaskan kait yang susah dijangkau atau menekan tombol untuk melepaskan kartu grafis dari slot.

Pengguna hanya perlu memiringkan kartu ke arah mekanisme penguncian untuk melepaskannya dari slot PCIe secara otomatis. Metode ini membuat proses upgrade dan maintenance kartu grafis menjadi lebih mudah dibandingkan sebelumnya.

Lini motherboard terbaru AM5 ASUS, dibekali dengan chipset X870. (Foto: Asus)

Selain itu, ASUS juga memperlihatkan lini motherboard dengan chipset X870 yang siap digunakan bersama prosesor desktop AMD Ryzen generasi terbaru. Layaknya motherboard kelas atas lain, motherboard ini juga dapat digunakan untuk overclocking CPU dan memori serta memaksimalkan potensi dari hardware yang dipasang.

Pada lini motherboard X870 ini, pengguna akan disuguhkan dengan berbagai dukungan koneksi terbaru seperti PCIe 5.0 x16, port Ethernet 2,5 Gbps, berbagai slot M.2 berkecepatan tinggi, dukungan multi-GPU serta port USB4.

Selain memamerkan produk motherboard terbarunya, ASUS juga merilis beberapa produk dengan chipset Z790 yang dapat digunakan oleh pengguna CPU Intel mulai dari generasi 12 hingga 14.

Lini Motherboard ASUS Z790 meningkatkan pengalaman pengguna dengan kontrol cerdas yang akan merespon data pemantauan secara real-time untuk memastikan pengguna mendapatkan hasil maksimal dari PC AI mereka setiap saat.

https://edgeup.asus.com/wp-content/uploads/2023/10/feature-z790-5.jpg

Di sisi lain, motherboard ROG Maximus Z790 Dark Hero dibekali berbagai fitur seperti AI Overclocking, DIMM Flex, AI Networking, AI Cooling II, dan Two-Way AI Noise Cancelation untuk menghadirkan performa yang optimal, pendinginan kuat sekaligus senyap, serta komunikasi yang sangat jernih tetapi dengan pengaturan yang minimal.

ASUS juga membekali beberapa motherboard dengan dukungan DDR5 dan PCIe® 5.0 untuk memastikan pengguna dapat meningkatkan performa PC AI mereka dengan memori, drive penyimpanan, dan kartu grafis tercepat yang tersedia saat ini serta di masa depan. 

Opsi Pendinginan CPU Terbaru

ASUS juga meluncurkan lini AIO liquid cooler pada seri ProArt dan ROG Strix Prime LC series dengan kemampuan pendinginan yang kuat dan tampilan yang elegan. Model terbaru termasuk ProArt LC 360 dan ROG Strix LC III ARGB yang dilengkapi dengan fitur seperti cold plate terbaru dan pompa Gen7 V2 untuk performa pendinginan terbaik.

Dengan lini ROG Strix Prime LC, pengguna dapat dengan bebas memilih berbagai konfigurasi tampilan pada liquid cooler ini, dengan 2 layar yang dapat diatur melalui program Armory Crate untuk menampilkan beragam info penting, seperti temperatur dan clock CPU.

Case yang Mendukung Komponen BTF

Ekosistem komponen BTF (Back-To-the-Future) dari ASUS menawarkan desain konektor tersembunyi untuk tampilan PC yang lebih rapi. ASUS memperkenalkan chassis ROG Z22 ITX dan FF04 Pro MOD yang dirancang khusus dengan konsep BTF untuk meningkatkan pendinginan dan kemudahan perakitan. ASUS juga mengembangkan konsep pendingin AIO terbaru dengan tampilan minimalis dan fitur manajemen kabel yang mudah.

Rakitan Faktor Bentuk Kecil (SFF)

ASUS menawarkan berbagai kartu grafis GeForce RTX™ 40 Series yang sesuai dengan pedoman SFF-Ready. ASUS memamerkan dua rakitan SFF di Computex 2024, menggunakan kartu grafis Prime GeForce RTX 4070 SUPER dan ProArt GeForce RTX 4080 SUPER dalam chassis kompak yang dirancang untuk pendinginan optimal dan performa tinggi.

Meluncurkan Lini UPS ROG Mjolnir

Aliran listrik yang tiba-tiba terputus merupakan mimpi buruk dari pengguna PC. Maka dari itu, ASUS menunjang para pengguna PC dengan lini UPS ROG Mjolnir yang siap digunakan oleh pengguna dimana saja.

Dibekali baterai LiFePo4 berkapasitas 768Wh, ROG Mjolnir dapat diisi ulang dengan tenaga surya ketika digunakan di luar ruangan, serta waktu switchover yang relatif rendah dan dapat menunjang perangkat berisikan GPU RTX 4080 hingga 60 menit, membuat pengguna tidak perlu khawatif akan kerusakan pada perangkat seperti PSU hingga motherboard.

Sumber : Press Release

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.