Logo CNN Philippines dan RPTV (Berbagai sumber)

CNN Philippines Resmi Stop Siaran, Digantikan dengan RPTV

Media 1 Feb 2024

Kabar terbaru dari dunia penyiaran Filipina, setelah selama hampir 9 tahun terakhir mengudara sebagai stasiun televisi berita berbahasa Inggris FTA (free-to-air) di Filipina, CNN Philippines resmi menutup operasionalnya pada 31 Januari 2024 lalu.

Kerugian Keuangan yang Terus Meningkat

Penutupin ini dikarenakan oleh "kerugian finansial signifikan" yang dihadapi oleh CNN Philippines, dalam hal ini Nine Media Corporation sebagai pemegang lisensi CNN di Filipina saat ini.

Kerugian yang dialami oleh CNN Philippines semakin meningkat dari tahun-ke-tahun. Untuk tahun 2022 saja, CNN Philippines mengalami kerugian sebesar 239,7 juta Peso Filipina, atau sebesar 67,2 miliar Rupiah.

Lisensi branding CNN yang dipegang oleh Nine Media baru akan berakhir pada akhir 2024 mendatang, namun CNN Philippines memutuskan untuk menutup siarannya lebih awal. Siaran terakhir CNN Philippines yang dilakukan secara langsung (live broadcast) adalah pada tanggal 29 Januari 2024.

"Pengganti" CNN Philippines Resmi Beroperasi

Setelah dinyatakan berhenti beroperasi pada Rabu (31/1), akhirnya posisi Channel 9 yang sebelumnya ditempati CNN Philippines, resmi berganti.

Saluran tersebut adalah RPTV, yang merupakan hasil kolaborasi antara Nine Media Corporation dengan TV5 Network.

RPTV, saluran yang menggantikan CNN Philippines (YouTube/News5Everywhere)

RPTV resmi mengudara pada 1 Februari 2024, dengan program pertama yang ditayangkan adalah simulcast program radio pagi "Ted Failon DJ ChaCha", yang merupakan kolaborasi antara True FM Philippines dengan News5.

RPTV dikabarkan akan menayangkan sejumlah program unggulan dari TV5, beberapa diantaranya seperti Eat Bulaga! Philippines dan Philippines Basketball League, ajang olahraga basket terbesar di Filipina.

Menurut sumber Bilyonaryo, dikabarkan saat ini juga TV5 tengah mempertimbangkan untuk menghadirkan program berita "Frontline" dari TV5 untuk ditayangkan di RPTV, sekaligus juga memiliki kemungkinan bahwa TV5 akan membuat program berita baru khusus di RPTV.

Untuk program berita khusus di RPTV, TV5 tengah dalam negosiasi dengan beberapa mantan presenter unggulan dari CNN Philippines untuk ikut bergabung mengembangkan program berita yang direncanakan tersebut.

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek