Sedan Tesla terbaru, Model 3 Performance (Foto: Tesla)

Tenaga Lebih Besar, Tesla Model 3 Performance Siap Mengaspal!

Otomotif 24 Apr 2024

Ketika meluncurkan facelift dari model sedan kompak mereka, yaitu Model 3 tahun lalu, pabrikan mobil listrik Tesla hanya menyiapkan dua tipe, yaitu versi penggerak belakang (RWD) dan penggerak semua roda (AWD) dengan baterai yang lebih besar (Long-Range AWD).

Namun, setelah desas-desus dan rumor yang beredar tentang varian yang lebih bertenaga, melalui akun X nya, pabrikan ini meluncurkan Model 3 Performance, sekaligus menjadi tipe teratas dari pabrikan ini.

Dilansir dari ArenaEV, sedan ini akan ditenagai oleh motor listrik ganda yang menghasilkan tenaga 510 DK, dan torsi 710Nm untuk pasar Amerika Serikat. Sedangkan untuk pasar internasional, seperti Australia, seperti diberitakan oleh laman Drive Australia, tenaganya sedikit diturunkan ke 460 DK.

Sedan Kompak Tesla Model 3 Performance (Foto: Tesla)

Perubahan Pada Sasis dan Penggerak

Dengan perangkat motor listrik baru, yang diberi nama 4DU oleh pabrikan Tesla, sedan ini dapat melesat ke 100km/jam dalam rentang waktu 2,9 detik (klaim pabrikan). Estimasi jarak tempuh mobil listrik ini dalam sekali cas, menurut EPA dan WLTP, yang mengetes jarak tempuh dan keiritan mobil, yaitu 476km (EPA) dan 528km (WLTP).

Selain motor listrik, mobil ini juga dibekali ban merek Pirelli dengan lebar 20 inchi dan sasis yang disetel untuk memaksimalkan performa dan handling, dengan tidak mengorbankan kenyamanan.

Warna kabin baru untuk Tesla Model 3 lansiran 2024 (Foto: Tesla)

Sedan Model 3 Performance sudah dapat dipesan oleh konsumen di Amerika Serikat mulai dari harga $52.990 (setara Rp860 Juta) sebelum potongan mobil elektrik $7.500 (setara Rp12 Juta).

Sedangkan di Inggris Raya dan Eropa, Model 3 ini dijual dengan harga £59,990 (sekitar Rp1,2 Milyar) dan €56,990 (sekitar Rp980 Juta) sebelum subsidi dan insentif dari pemerintah, dengan waktu pengiriman dimulai pada bulan Mei hingga Juni untuk regional Eropa, Amerika Serikat dan Inggris.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.