Daihatsu Vizion F, salah satu cerita lain pabrkan Jepang di GIIAS 2023 (Media Formasi/Dio Puja Altha)

GIIAS 2023 : Cerita Lain Pabrikan Jepang di GIIAS

Otomotif 15 Agt 2023

Mediaformasi.com - Selain Toyota, Lexus, Mitsubishi dan Honda, di GIIAS 2023 ini ada beberapa pabrikan Jepang yang menghadirkan mobil-mobil andalan mereka. Entah itu sebagai mobil konsep, mobil yang hanya di display saja, mobil yang baru mendapat improvement fitur atau bahkan mobil yang dijual secara terbatas.

Lalu, apa cerita lain dari jenama mobil asal Jepang di GIIAS 2023?

Daihatsu Dengan Gran Max Listrik dan Edisi Terbatas Xenia

Di Booth Daihatsu, tidak ada produk baru selain Terios facelift yang diperkenalkan jauh hari sebelum GIIAS diadakan. Tapi mereka justru membawa satu mobil konsep dan satu mobil edisi terbatas, yakni Vizion F dan Xenia Limited Edition.

Daihatsu Vizion F, Visi Masa Depan Kendaraan Niaga Daihatsu (Media Formasi/Dio Puja Altha)

Daihatsu Vizion F merupakan mobil konsep mereka yang menggambarkan bagaimana kendaraan niaga Daihatsu di masa depan. Dengan menggunakan penggerak elektrik, mobil ini terlihat seperti Gran Max versi Cyberpunk dengan warna doff yang dipadukan dengan aksen warna lime dan sentuhan modern di luar maupun di dalam.

Sementara itu, Daihatsu juga menjual Xenia edisi terbatas untuk merayakan ulang tahun projek kolaborasi Avanza dan Xenia ke-20 tahun. Dijual sebanyak 20 unit, Xenia 1.3R Limited Edition ini dijual seharga 264,35 juta dengan aksen hitam di pelek dan atap serta aksen merah di doortrim.

Mazda Dengan MX-30

Beralih ke Mazda, mereka membawa produk produk andalannya, termasuk Mazda CX-60 yang sudah diperkenalkan sebelum gelaran GIIAS 2023. Tapi, ada satu mobil yang belum akan dijual Mazda tapi cukup menarik untuk dibahas.

Mazda MX-30 ini merupakan mobil listrik pertama Mazda dengan filosofi yang Mazda banget. Mengusung nama MX yang merupakan akronim dari Mazda eXperimental, MX-30 merupakan proyek eksperimen Mazda dalam menghadapi era kendaraan listrik yang lagi ramai belakangan ini.

Dengan bentuk crossover dan hadirnya model pintu ala Mazda RX-8 (disebut sebagai Freestyle Door), Mazda MX-30 punya desain yang sporty, gagah namun tetap cakep dan elegan khas Mazda. Terlebih selain hadir dengan versi listrik bertenaga 141 dk, Mazda MX-30 juga hadir dengan varian Range Extender dengan mesin Rotary khas Mazda yang legendaris dan bisa menghasilkan tenaga 168 dk.

Suzuki dan Improvement Produk Andalannya

Di booth Suzuki, mereka memamerkan produk-produk andalannya, termasuk Ertiga, XL-7 Hybrid dan Grand Vitara yang keduanya mengusung teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) atau Mild Hybrid. Tapi ada beberapa produk andalan mereka yang punya hal berbeda dibanding saat sebelum GIIAS, seperti Suzuki Baleno yang diam-diam mendapatkan improvement fitur.

Salah satu fitur baru di Suzuki Baleno Hatchback edisi 2023 ini ialah head unit 9 inchi yang sama seperti versi India-nya. Ditambah ia juga memiliki kamera 360 derajat sehingga memudahkan penggunanya saat parkir.

Dengan fitur baru tersebut, mobil yang dibanderol seharga 281 jutaan ini menjadi lebih worth it di saat hatchback lain harganya sudah tembus lebih dari 300 jutaan.

Tak hanya Baleno, Ignis pun juga mendapatkan improvement berupa hadirnya Hill Hold Control di varian AMT dan Vehicle Stability Control. Hadir dalam varian GX, Ignis improvement dijual seharga 212 juta sampai 222 juta yang dibagi dalam dua opsi transmisi (manual dan AMT) serta tambahan 2 juta untuk opsi warna two-tone.

Nissan dan Serena C28 E-Power-nya

Di Booth Nissan, Nissan hanya memamerkan Nissan Ariya single seater concept dan yang menjadi bahasan kami di bagian ini : Nissan Serena C28 E-Power. Mobil yang menjadi rival dari Toyota Voxy ini hanya sebatas dipamerkan saja dan rencananya baru akan dijual di Indonesia pada tahun depan.

Nissan Serena C28 (Nissan Global)

Nissan Serena C28 E-Power ini memiliki mesin 1.400cc bertenaga 98 PS dan torsi 125 Nm. Dan karena Serena C28 ini adalah mobil E-Power nya Nissan, maka mesin 1.400cc ini bertindak sebagai generator yang mengisi baterai untuk menggerakan motor listrik bertenaga 163 PS dan torsi 315 Nm.

Subaru dan Outback-nya

Sementara itu, Subaru melakukan Indonesian debut untuk wagon terbaru mereka, Outback. Wagon bergaya crossover ini dijual seharga 779,5 juta on the road Jakarta.

Subaru Outback (Subaru Indonesia)

Dengan mesin 2500cc boxer bertenaga 188 ps dan torsi 245 Nm, mesin ini menyalurkan tenaganya ke penggerak symmetrical AWD yang dipadukan dengan transmisi CVT. Ditambah, ia juga lengkap dengan berbagai fitur seperti fitur keselamatan Subaru EyeSight, Head unit vertikal 11,6 inchi dan berbagai fitur khas Subaru lainnya.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Pecinta Otomotif yang punya tiga oshi : Suisei, Hanasaru dan IONIQ 5. Juga menulis di SuaraMerdeka.com pada hari kerja