[Liputan] Kemeriahan 2 Hari ICGP 2024 x ChibiCon, Pecah Banget!

Pop Kultur 27 Apr 2024

Media Formasi kali ini mengunjungi salah satu event wibu terbesar di Surabaya dan Jawa Timur, yakni ICGP 2024 x ChibiCon selama dua hari berturut-turut! Beragam stand merchandise, komunitas, makanan, hingga stand guest star ataupun cosplayer pun ada.

Dengan harga tiket masuk Rp 50.000 per harinya, seperti apa kemeriahannya? Yuk simak baik-baik ulasannya!

Day 1 Chibicon

Di hari pertama Chibicon, Sabtu (20/4), pengunjung ketika membeli tiket on the spot atau pre sale akan mendapatkan 2 warna gelang yang berbeda. Ketika sudah membeli tiket dan melalui pintu masuk event, pengunjung akan disambut dengan berbagai stand komunitas.

Di depan pintu masuk venue, stand komunitas seperti itasha, HEMA x LARP, stand komunitas game rhythm, bahkan stand komunitas cosplay dari Cosura (Cosplay Surabaya). Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti bermain game rhythm, memanah dengan panah mainan, bahkan adu keterampilan bermain pedang (pedangnya mainan berbahan busa).

Masuk ke dalam venue, pengunjung akan disuguhi berbagai stand baik dari cosplayer ataupun kreator lokal yang menjual merchandise dan pernak pernik dengan desain unik, ataupun desain yang mengikuti anime hingga game terkenal. Game-game yang ada banyak dijual merchandisenya seperti Genshin Impact, Honkai: Star Rail, Honkai Impact, Blue Archive, Tekken, dll. Selain anime dan game, kebanyakan stand juga menjual merchandise dari virtual youtuber, terutama dari Hololive.

Selain dari kreator lokal, ada juga stand yang menjual anime action figure dan merchandise resmi seperti Kyou Hobby Shop. Meski stok barang yang dijual di event ini tidak sebanyak dari toko Kyou Hobby Shop Gamma Store yang terletak di Galaxy Mall, namun cukup banyak pengunjung yang membeli di toko ini.

Di dalam venue dari pintu masuk di sebelah kanan juga ada berbagai stand komunitas, mulai dari stand komunitas media terkenal seperti Kaori Nusantara, stand komunitas game seri Persona, komunitas Blue Archive, komunitas fotografi mainan, Tekken, dll. Tak hanya itu, komunitas terkait virtual youtuber indie lokal juga ada.

Sedangkan di sisi kiri, terdapat stand official chibicon, dimana guest star cosplayer seperti Rithe (asal Singapura) dan Rose Lewis membuka sesi meet & greet bersama fans yang dibuka dua sesi, yakni sesi siang dan sore. Rithe dan Rose Lewis turut mengisi acara. Tak hanya itu, Rithe juga turut diundang untuk menjadi juri lomba coswalk dan cosplay competition ICGP x Chibicon.

Merchandise official Chibicon sendiri masih dijual, terutama merchandise terkait Ghosty Comic masih ada dijual.

Sedangkan di dekat pintu keluar, terdapat berbagai stand yang menjual makanan dan minuman, serta satu stand menjual snack.

Setelah menelusuri berbagai stand, untuk sesi acara di panggung utama sendiri berlangsung meriah. Di panggung utama, terdapat berbagai acara yang dihadari sejumlah bintang tamu terkenal. Salah satunya adalah JKT48 Virtual (JKT48V). JKT48V sendiri beranggotakan tiga member, yakni Pia Meraleo, Tana Nona, dan Kanaia Asa.

Meski hanya digelar secara virtual, namun banyak fans tetap melihat sesi ini. JKT48V. Selain menggelar sesi tanya jawab, JKT48V juga tampil dengan membawakan empat lagu, yakni First Rabbit, Cosmos no Kioku, Heart Gata Virus, dan Koisuru Fortune Cookie.

Selain penampilan dari berbagai bintang tamu, ada juga lomba coswalk dengan tema "100 Coswalk Chart" yang diikuti kurang lebih 100 peserta cosplayer. Para cosplayer tersebut menampilkan berbagai karakter, baik dari anime, film, ataupun game. Sesi coswalk ini dinilai oleh 4 juri, yakni Rithe, Zhuge Kamiya, Naru, dan Rose Lewis.

Setelah sesi coswalk, acara berlanjut ke penampilan berbagai band dan idol group. Seperti Little Black Cherrie, Akiba Street yang menampilkan tema "Tribute to Makoto Shinkai" dengan membawakan seluruh lagu tema dari film anime buatan Makoto Shinkai, DJ Anikuma, Klab Karaoke Konoha.

Sesi panggung ditutup dengan penampilan dari 2 idol group lokal, yakni Stellaria dan Idolize.

Day 2

Untuk hari kedua Chibicon yang berlangsung Minggu (21/4) dalam hal posisi stand tidak jauh berbeda. Hanya saja, suasana sangatlah ramai dan berdesakkan penuh dengan pengunjung yang antri untuk membeli tiket. Meski demikian, kondisi selama event tetap aman dan kondusif.

Salah satu sesi yang paling ditunggu-tunggu adalah sesi talkshow dari salah satu virtual Youtuber Indonesia dengan subscriber terbanyak, Harris Caine. Bahkan, hampir sekitar panggung penuh sesak dengan para fans Harris Caine, yang didominasi kaum hawa.

Selain dari virtual Youtuber, ada juga pertunjukan musik dari berbagai kreator seperti Sakura Wave, DJ, Idol Group VIEOS dan Moonclub, bahkan Audi Bellave x Magusdanev.

Salah satu sesi lomba yang dinantikan, yakni Penyisihan regional ICGP pun digelar. Total ada 11 tim peserta dari Jawa Timur yang mengikuti kompetisi, dan dinilai oleh tiga juri Cosplayer ternama, yakni Rithe, Zhuge Kamiya, dan Naru. Bagi yang penasaran seperti apa, berikut sebagian cuplikan sesi video kompetisinya:

Bagi yang penasaran dengan siapa pemenang ICGP Regional Jawa Timur, MedForians bisa membacanya di sini.

Selain lomba dan pertunjukan musik, ada juga pertunjukan drama panggung cosplay yang diisi oleh That Little Crown Girl, Toman Gang Surabaya yang menampilkan anime Tokyo Revengers, dan dari Cosura dengan membawakan Touken Ranbu.

Sebagai penutup acara Chibicon, ada idol group Ano Aidoru dan Klab Karaoke Konoha yang berusaha tetap menghibur dan menyemangati pengunjung.

Sekian kemeriahan dan berbagai penampilan dari ICGP X Chibicon 2024 Surabaya. Semoga ke depan Chibicon akan selalu hadir buat pecinta anime, game, dan cosplay Surabaya ya!

Tag

Visio

Di antara dengan Syifa Abyananta, Yoan Fernanda

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.