Tangkapan layar situs resmi streaming anime Crunchyroll (Foto: Istimewa).

Crunchyroll Uji Coba Gunakan AI untuk Subtitle Anime

Pop Kultur 28 Feb 2024

Situs streaming anime internasional, Crunchyroll, dikabarkan sedang melakukan uji coba penggunaan kecerdasan buatan yang mirip seperti ChatGPT untuk membuat terjemahan otomatis di tayangan anime, terutama untuk bagian subtitle.

Kabar ini diperoleh dari sesi wawancara berbentuk podcast, tepatnya oleh The Verge pada seri Decoder di hari Senin (26/02) waktu Amerika Serikat.

Presiden Crunchyroll, Rahul Purini, mengatakan bahwa perusahaan mereka sedang mencoba untuk menggunakan generative AI, yang ditujukan untuk meningkatkan optimisasi layanan mereka.

Targetnya, perusahaan tersebut dapat merilis subtitle di opsi bahasa yang lebih luas, tanpa perlu delay banyak sehingga bisa dirilis dekat dengan tanggal rilis resmi di Jepang.

Musisi Jepang SANTA Rilis Lagu dan MV Baru “CHAOS”
Suka dengan musik rap Jepang? Salah satu musisi dengan nama panggung SANTA telah merilis single terbaru dengan judul “CHAOS” Lagu ini menceritakan tentang rumitnya mengelola waktu pekerjaan dan waktu pribadi.

Sudah Saatnya AI Dipergunakan

Crunchyroll juga sedang mencoba menggunakan suatu bentuk kecerdasan buatan untuk membantu pengguna melakukan kustomasi di website resmi mereka. Saat ini, perusahaan tersebut masih mencoba mencari tahu bagaimana cara implementasi teknologi tersebut yang sesuai dengan alur bisnis mereka.

Ada Beberapa Insiden "Subtitle Jelek"

Beberapa waktu sebelumnya, Crunchyroll sempat merilis hasil terjemahan yang kurang sesuai untuk episode pertama Yuzuki-san Chi no Yon Kyōdai di bulan Oktober 2023 lalu.

Episode tersebut sempat diturunkan dari tayangan streaming untuk diperbaiki. Hal ini dilakukan setelah mendapatkan protes dari berbagai macam fans dan pengguna situs streaming tersebut. Episode dengan terjemahan yang diperbarui kemudian ditayangkan seminggu kemudian.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast