Sampul Film Phoenix: Reminiscence of Flower (Foto: Crunchyroll.com)

Film Phoenix: Reminiscence of Flower akan Berkompetisi di Ajang Animafest Zagreb 2024

Pop Kultur 6 Mei 2024

Pada hari Minggu (05/04), film Phoenix: Reminiscence of Flower telah masuk ke dalam daftar film animasi yang akan berkompetisi di ajang Animafest Zagreb 2024.

Melansir dari ANN, Film Phoenix: Reminiscence of Flower akan berkompetisi pada kategori Grand Competition - Feature Film, menjadi satu-satunya film asal Jepang maupun Asia yang masuk kedalam kategori tersebut.

Pada Animafest Zagreb 2024 nanti, Phoenix: Reminiscence of Flower akan bersaing dengan film-film animasi yang berasal dari beberapa negara Eropa (Prancis, Italia, Spanyol, Hungaria, Belgia, dan Jerman) dan juga Kanada.

Tentang Phoenix: Reminisce of Flower

Phoenix: Reminiscence of Flower ini merupakan versi movie dari anime berjudul Phoenix: EDEN17. Anime tersebut menceritakan tentang seorang wanita bernama Romi yang ingin keluar dari bumi untuk tinggal di planet Eden.

Namun, Ia dan rekannya dihadapi dengan kenyataan bahwa planet Eden jauh lebih buruk kondisinya dibandingkan dengan Bumi. Sehingga, Romi dan rekannya berusaha untuk hidup di planet yang sudah hampir punah tersebut.

Baik film maupun animenya, diadaptasi dari manga karangan Osamu Tezuka yang berjudul Phoenix. Namun, Phoenix: reminiscence of flower menawarkan ending yang berbeda dengan versi animenya

Osamu Tezuka sendiri merupakan mangaka legendaris yang diberi julukan"God of Manga". Ia pertama kali merilis karyanya pada tahun 1928 lewat komik empat panel yang berjudul Mah Chan's Diary

Film Phoenix: Reminiscence of Flower ini disutradarai oleh Shojiro Nishimi. Ia telah berpartisipasi diberbagai film seperti Akira (1988) dan Batman: Gotham Knight (2008) sebagai animator, serta menjadi co-director untuk film Mutafukaz (2017).

Shojiro Nishimi juga pernah menjadi director animation untuk Tekkonkikret yang berhasil dinobatkan sebagai Best Animated Film di Japanese Academy 2006.

Animefest Zagreb, Festival Anime dari Tahun 1972

Melansir dari situs resminya, Animefest Zagreb merupakan festival film animasi tertua kedua di dunia yang pertama kali didirikan pada tahun 1972.

Festival ini merupakan salah satu festival film terkemuka yang diadakan di Kroasia untuk mengapresiasi karya animasi dari berbagai negara.

Selain Phoenix: Reminiscence of Flower, ada beberapa film animasi asal Jepang lainnya yang masuk ke kategori lain di Animefest Zagreb 2024, antara lain:

  1. Miserable Miracle! oleh Ryo Orikasa (Short Film)
  2. Konigiri-kun: Connected? oleh Mari Miyazawa (Films For Children Competition 1 age 3-6)
  3. Cossie of Chairville oleh Azusa Fuji (Films For Children Competition 3 age 10-14)
  4. Hottest Tokyo oleh Miho Kidoguchi (Films For Youth Competition age 14+)
  5. Maidens of the Ripples oleh Michiko Soma (Films For Youth Competition age 14+)

Tag