Malam hari di panggung utama JPC UNESA 2023 (Foto: Syifa Abyananta)

[Liputan] Yuk Intip Keseruan Japan Pop Culture UNESA 2023!

Pop Kultur 11 Des 2023

Pada tanggal 24 dan 25 November 2023, HM Sasjep Unesa mempersembahkan sebuah acara tahunan yang selalu dinanti oleh penggemar jejepangan se-Surabaya yaitu Japan Pop Culture.

Kami pun diberikan kesempatan untuk mengikuti serangkaian acara yang telah dipersiapkan. Berikut kesan kami yang dapat kami rangkum selama dua hari acara JPC UNESA 2023.

Panggung utama JPC UNESA 2023 (Foto: Yoan Fernanda)

Japan Pop Culture Universitas Negeri Surabaya, atau yang lebih dikenal dengan nama JPC UNESA, merupakan salah satu event jejepangan tahunan yang paling dinanti di kawasan Jawa Timur, tepatnya di Surabaya dan sekitarnya.

Bisa dikatakan kalau event JPC UNESA ini mirip-mirip seperti Gelar Jepang UI atau Jiyuu Matsuri UNJ untuk kawasan Jabodetabek, yaitu event yang diselenggarakan oleh para mahasiswa/i.

Acara ini dimeriahkan oleh berbagai penampilan dari para peserta lomba di dalam acara ini seperti dance cover dan coswalk (cosplay walk).

Bedanya cosplay competition dengan cosplay walk utamanya bisa dilihat dari durasi. Pada acara cosplay competition, biasanya para peserta lomba akan melakukan reka adegan beraneka ragam sesuai dengan cosplay yang mereka lakukan.

Sedangkan, cosplay walk biasanya memiliki durasi yang lebih singkat. Tepatnya, para peserta cosplay akan berjalan ke stage dan ke arah tertentu, kemudian berputar balik. Mirip-mirip seperti showcase model atau acara model fashion.

Selain itu, menjelah waktu sore di hari kedua, acara semakin semarak dengan adanya penampilan dari berbagai brand seperti Isekai Project hingga Moccatune. Untuk hari pertama, sore hari diramaikan oleh Little Black Cherie hingga Akiba Street.

Penampilan moccatune, salah satu band indie dari Surabaya (Foto: Yoan Fernanda)

Untuk segi venue, tentunya JPC UNESA telah menghadirkan berbagai tenant yang menyediakan aneka kuliner khas Jepang yang sangat lezat, hingga merchandise dengan berbagai macam bentuk seperti stiker, gantungan kunci, figure, banner, dan aksesoris-aksesoris lainnya

Memang pada event Jejepangan, tidak lengkap jika tidak ada yang jualan merchandise. Bisa dikatakan ini merupakan salah satu cara pengunjung untuk mendapatkan oleh-oleh sambil berburu koleksi waifu/husbando kesukaan mereka.

Bahkan ketika hujan deras sempat mengguyur venue event pada saat itu, fenomena alam ini bukan menjadi hambatan dan tidak menumbangkan semangat dari panitia, guest star, maupun pengunjung.

Memang, salah satu hal yang kurang ketika mengadakan acara di akhir atau awal tahun adalah adanya kemungkinan angin besar hingga terjadinya hujan. Ada baiknya jika pengunjung membawa jas hujan atau payung (jika diperbolehkan di acara tersebut).

Khusus payung, ada baiknya menggunakan payung lipat daripada payung biasa (jangan sampai adegan Another terjadi di dunia nyata).

Menjelang akhir acara, pengunjung disajikan oleh pertunjukan teatrikal matsuri dan pemutaran film pendek. Lalu acara ditutup oleh penampilan Babymetal Surabaya.

Sekian hasil liputan kami di JPC UNESA 2023. Jika kami lihat, acara tersebut bisa kami bilang sukses. Pengunjung senang, guest star bisa tampil dengan minim masalah, dan pihak panitia juga bisa merasakan kesenangan karena sudah menyukseskan acara tahunan ini.

Menjelang akhir acara JPC UNESA 2023 (Foto: Yoan Fernanda)

Acara tersebut juga bisa menjadi ajang promosi universitas, sehingga nama Universitas Negeri Surabaya semakin dikenal oleh warga Jawa Timur hingga seluruh Indonesia.

Sampai jumpa di JPC UNESA selanjutnya!

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE