Tanchjim Zero, Sumber gambar: Istimewa(Rizky Aufa Febrianto)

[Review] Tanchjim Zero, IEM Netral, Tidak Semua Orang Suka

Review 26 Feb 2024

Sudah lama penulis tidak mereview suatu produk, dan akhirnya bisa menulis ulasan sebuah IEM murah dari Tanchjim, brand peraudio-an dari China.

Yap Tanchjim, siapa sih yang tidak mengenal merk ini, jika sudah suka dunia audio dan terkenal dengan waifu-nya, Asano Tanch.

Kali ini penulis bisa mengulas brand Tanchjim untuk model Zero. IEM ini dibeli di harga sekitar 165.000 rupiah untuk model yang tidak ada micnya dan sekitar 190.000 keatas untuk model yang ada micnya.

Impresi Box dan Isi

Box Tanchjim Zero, Sumber foto/gambar: Istimewa

Dalam paket pembelian box yang dikasih cukup kawaii polos dengan sentuhan gambar Asano Tanch yang begitu cantik yang sedang mengenakan produk Tanchjim Zero. Di belakang box diberikan tampilan grafik dari suara IEM ini, dan spesifikasi driver. Berikut spesifikasi driver:

Driver: 10mm composite diaphragm dynamic driver | Dynamic technology: DMT4 | Dynamic diaphragm material: Flexible microfiber suspension and beryllium-plated ball top | THD: <0.5% @1KHz 94d8 SPL|Impedance: 320±10% @1Khz | Sensitivity: 118dB/Vrms @1KHz Frequency response range: 7-50kHz Cable specification: Gold-plated non-magnetic high-performance plug, 1.25M 3.5MM | Cable material and structure: Litz oxygen-free copper silver-plating
Isi box, Sumber foto/gambar: Istimewa

Boxnya terbilang tipis dan biasa saja dan malah terkesan murah. Di dalamnya terdapat buku manual, IEM, eartips treble dan bass, serta pouch untuk melindungi IEM.

Dikasih 2 eartips treble dan bass, Sumber foto/gambar: Istimewa
Pouch IEM, Sumber foto/gambar: Istimewa

Untuk pouchnya terbilang cukup bagus dengan bahan yang lembut. Ya cukup lah untuk melindungi IEM-nya.

Impresi IEM

Tanchjim Zero, Sumber foto/gambar: Istimewa

IEM dengan single line cable ini cukup memanjakan mata karena terlihat estetik dengan housing transparan, memperlihatkan driver IEM-nya. Apalagi kabelnya terlihat bagus dengan aksen silver plated di tengah bungkusan transparannya.

IEM dengan bentuk peluru ini sangat cocok di telinga, dan tidak mengganggu saat penggunaan menurut penulis. Walaupun sudut pinggiran body-nya sangat tajam. Saat digoyangkan pun IEM ini masih tidak mudah goyang dengan fitting yang cukup kedap di telinga.

Nozzle dari IEM ini cukup besar khas Tanchjim dan panjang. Tapi dengan Nozzle berbahan plastik ini menurut saya terbilang ringkih jika dalam jangka panjang kalian akan sering gonta-ganti eartips.

Impresi Suara

Impresi suara yang dihasilkan sangat netral dengan bass yang sangat flat dan biasa saja. Vokal terasa sangat intim cocok saat mendengarkan lagu yang cenderung mengutamakan vokal dengan teknikalitas yang cukup oke saja.

Mid atau treblenya cukup maju. Bisa disederhanakan bahwa IEM ini hanya cocok untuk lagu tertentu saja yang tidak banyak orang menyukainya. IEM ini tidak terlalu cocok untuk hampir semua lagi karena sangatlah tidak all rounded. Tidak warm, sangat netral di harganya dan bass yang flat membuatnya tidak cocok untuk kuping orang Indonesia. Sibilancenya hampir tidak ada dan saya cukup suka menggunakannya untuk mendengar lagu akustik dan vokal.

Memungkinkan IEM ini dinobatkan menjadi IEM termurah untuk mixing lagu jika kamu kepepet budget.

Kesimpulan

IEM ini menghasilkan cukup baik suara netral di harganya dengan fitting yang cukup oke mengingat IEM ini adalah jenis cable-down dan undetachable sangatlah menarik untuk mempunyai produk IEM ini.

Namun suara dari IEM ini tidaklah all rounded atau cukup untuk lagu tertentu saja(segmented) jadi mungkin tidak semua orang akan menyukainya

Tag

Rizky Aufa Febrianto

Suka fotografi dan gambar anime, gaming tipis-tipis